SUBANG - Infrastruktur saat ini memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Secara tidak langsung, infrastruktur juga dinilai mampu mendongkrak perekonomian di sebuah daerah tersebut. Seperti halnya pelabuhan, pelabuhan termasuk infrastruktur yang dinilai sangat penting dalam menunjang segala kebutuhan ekspor maupun impor barang.

Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang memiliki bibir pantai hampir seperempat pulau Jawa tersebut selama ini belum memiliki pelabuhan yang berskala besar. Adapun kegiatan ekspor dan impor suatu barang masih melalui pelabuhan yang ada di provinsi tetangga, yakni Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Untuk itu, dalam kegiatan kampanyenya, calon gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan jika dirinya dan pasangannya Dedi Mulyadi (Demul) berjanji akan meneruskan pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang. Pembangunan tersebut dilanjutkan jika dirinya terpilih di Pilgub Jabar yang digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. "Insya Allah pembangunan Pelabuhan Patimban akan diteruskan mungkin saja 2020 sudah bisa beroperasi," kata Demiz, Jumat (25/5/2018).

Menurutnya, dengan adanya pelabuhan tersebut, maka nantinya daya saing masyarakat terhadap kebutuhan pokok semakin meningkat lantaran memiliki harga barang yang relatif murah dari sebelumnya. "Kalau rotan seperti di Ciremasa mesti harus diekspor di Tanjung Priok pasti mahal. Tapi nanti dari Cirebon ekspornya lewat Patimban, ongkosnya lebih murah sehingga masyarakat untungnya besar," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan jika dengan adanya Pelabuhan Patimban serta Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), ke depannya pertumbuhan nilai ekonomi Jawa Barat dipastikan meningkat. "Kalau Infrastruktur semunya sudah ada, pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat, Kenapa? Karena banyak investor datang," tandasnya.