BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Natal bersama pada 11 Januari 2019 mendatang di Ecovention Ancol-Jakarta Utara. Tempat tersebut berbeda dengan perayaan Natal sebelumnya yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXpo), Kemayoran, Jakarta Utara.

Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat menyebut perbedaan tempat pelaksanaan Natal bersama karena demi kenyamanan selama ibadah. Di mana para jamaah lebih nyaman ibadah di dalam ruangan dibandingkan di luar ruangan.

“Kan kalau gereja itu ada rangkaian ibadahnya nah kalau ibadah mereka tetapkan di dalam ruangan, itu masalahnya,” ujar Hendra saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (25/12/2018).

Tidak hanya JIEXPO dianggap kurang nyaman tapi juga Monumen Nasional (Monas) yang kerap dijadikan tempat ibadah tidak bisa digunakan perayaan Natal mengingat lokasinya yang langsung terpapar sinar matahari karena dikhawatirkan mengganggu rangkaian ibadah.

“Kalau perayaan natal itu untuk kekhusyuan umat minta supaya di dalam ruangan, nggak di outdoor karena ada rangkaian ibadah mereka minta di indoor,” terang Hendra.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar perayaan hari Natal pada 11 Januari 2019 mendatang, perayaan itu akan berbeda dari sebelumnya karena pegawai Pemprov DKI juga ikut berpartisipasi.

“Biasanya kan selama ini terpisah jadi nanti pegawai Pemprov, kemudian pegawai sekretariat DPRD kemhdian pegawai selurug BUND DKI kemudian seluruh umat nasrani dan katolik,” imbuhnya.