BREAKINGNEWS.CO.ID – Artis peran Maudy Koesnaedi terpaksa banting stir menjadi seorang astronom, sebuah dunia yang sama sekali berbeda dengan yang selama ini geluti yakni budaya. Namun “keterpaksaan” itu tak membuatnya kesal[, bahkan pemeran Zaenab dalam sinetron si Doel Anak Sekolahan ini mengaku senang melakoninya.

“Ya buat saya yang bukan sebagai fans beratnya astronot sama ilmu-ilmu perbintangan gini buat saya agak baru banget ya. Ya di adegannya ada yang paket baju astronot kita kaya ke tempat spaceship,” ujar Maudy Koesnaedi di  Jakarta Selatan  Kamis (23/5/2019).

“Perlu banyak-banyak diskusi dan saya berusaha banget untuk menyebut kan istilah-istilah yang pakai bahasa latin dengan benar,” ujar perempuan berusia 44 tahun yang berperan sebagai Tsurayya ini.

Ya, peran sebagai astronom itu ia jalani karena ikut ambil bagian dalam film Iqro, My Universe, yang tak lain adalah sequel untuk film terdahulu yang berjudul Iqro - Petualangan Meraih Bintang.  “Makanya berkali-kali berdiskusi dengan penulis naskah,”imbuhnya.

 Film ini sendiri bercerita tentang impian seorang anak perempuan untuk menjadi seorang astronot.

Diceritakan dalam film ini bahwa ibu Tsurayya adalah seorang astronot Indonesia yang sedang melakukan penelitian tanaman untuk dikirim ke luar angkasa. Lantaran baru pertama kali memerankan karakter seperti itu, Maudy dipaksa untuk mendalami ilmu astronomi.

Wanita berdarah Sunda ini juga mengalami kesulitan dalam pengucapan kata-kata berbau ilmiah. Ia melakukan banyak diskusi dengan penulis naskah.

Demi mendalami karakternya, Maudy mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman menjadi seorang astronot saat berkunjung ke salah satu tempat wisata di Orlando, Florida, Amerika Serikat. “Saya tuh sampai berkesempatan pergi ke Orlando di wahana wisata itu ada satu area namanya spaceship apa gitu, ya kita itu masuk ke mesin itu dan merasakan kalau astronot mau orbit. Naik ke situ perasaannya enggak enak banget,” ujarnya.

Selain Maudy Koesnaedi, film Iqro - My Universe juga dibintangi oleh Aisha Nurra Datau, Cok Simbara, Ben Kasyafani, Meriam Bellina, dan masih banyak lagi. Film ini akan ditayangkan di seluruh bioskop Tanah Air pada 11 Juli 2019 mendatang.