BREAKINGNEWS.CO.ID -  Puisi Fadli Zon berjudul "Doa yang ditukar" dinilai menyakiti kalangan umat Islam. Terlebih karena kata "kau" yang ditulis Fadli bisa merujuk pada Kiai Maemun Zubair.  Fadli Zon dianggap telah menghina ulama karena terlalu berhasrat untuk berkuasa. 

"Apa yang diungkap Fadli Zon dengan puisinya didorong oleh hasratnya yang terlalu berlebihan pada kekuasaan. Hingga doa seorang Kiai besar pun dipuisikan dan bahkan dilecehkan" ungkap pengamat Politik Karyono Wibowo dalam diskusi di Master C19 Portal KMA,  Menteng,  Selasa (12/2/2019).

Karyono menyatakan kata "Kau" dalam puisi Fadli Zon itu memang bisa jadi ditujukan pada Kiai Mbah Maemun Zubair. Maka itu Karyono menilai puisi Fadli Zon sebenarnya hanyalah kapitalisasi doa mbah Maemun untuk kepentingan politis semata. 

Sementara itu,  putra KH Ma'ruf Amin Gus Ahmad Syauqi menilai jika Kiai Maemun Zubaer sebenernya tengah mengetes rakyat Indonesia dengan doanya.  Mengetes siapa sebenarnya yang suka buat hoax dan sebar fitnah. 

"Doa kiai Maimun Zubaer itu bukan mendoakan Prabowo sebagai presiden.  Tapi mendoakan Jokowi sebagai presidennya Prabowo untuk terpilih kedua kali " ujar Ahmar Syauqi. 

Buktinya, banyak pihak yang memelintir doa KH Maemun Zubair itu.  Bahkan tersebar video yang dipotong seakan akan KH Maemun Zubair mendoakan Prabowo.  Padahal sebenarnya bukan. Di sini terungkap siapa sebenarnya pihak yang suka menyebar hoax.