BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebulan penuh masyarakat Indonesia disajikan aksi ciamik dari pesepak bola Dunia. Acara itu adalah Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Even empat tahunan itu pun telah tuntas, dan resmi menjadi milik Prancis usai menaklukkan Kroasia di partai final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018). Kylian Mbappe dan Paul Pogba menjadi bintang untuk sang juara. Sementara itu, Ivan Perisic dan Mario Mandzukic merupakan pemain kunci untuk Kroasia.

Kini, Indonesia diambang momen yang hampi sama, bakal menjadi sorotan jutaaan pasang mata. Even itu bernama Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 september 2018. Sebelumnya, Ketua Umum Inasgoc, Erick Thohir mengakui gaung Piala Dunia 2018 mengganggu promosi Asian Games 2018 di Indonesia. Oleh karena itu, Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berharap, Asian Games lebih meriah dari Piala Dunia.

Mulai dari sekarang, Imam meminta agar masyarakat Indonesia turut serta dalam menggaungkan euforia Asian Games. "Kita akan menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Saya berharap euforianya lebih meriah dan semangat lagi karena kita menjadi tuan rumah seperti halnya masyarakat Rusia yang betul-betul menggelorakan semangat Piala Dunia ini," kata Imam Nahrawi seperti dikutip situs resmi Kemenpora, Senin (16/7/2018).

"Mulai sekarang, saya minta seluruh masyarakat Indonesia terus membantu mempromosikan dan mendoakan, sekaligus mendukung para atlet kita yang akan berjuang di Asian Games dan Asian Para Games 2018," ujar Imam Nahrawi.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 diikuti 45 negara yang melombakan 40 cabang olahraga. Sebelum dimulai, Inasgoc menggelar Torch Relay atau pawai obor Asian Games mulai pada 18 Juli 2018. Pawai Obor Api Asian Games ini akan mulai diarak di 54 kota/kabupaten di 18 Provinsi di Indonesia. Pawai ini akan menempuh jarak sejauh 18.000 km dan total ada 67 titik pergantian. Untuk menyemarakkannya, sejumlah legenda olahraga Indonesia dan selebritas Tanah Air juga ikut serta di dalamnya.