JAKARTA - Sebagian wilayah Situbondo diterjang angin puting beliung. Akibatnya, delapan rumah warga di Desa Pesanggerahan, Kecamatan Jangkar, menjadi rusak. Salah satu rumah juga tertimpa pohon tumbang. Selain itu, sebuah truk milik warga juga ringsek tertimpa pilar gudang warga yang ambruk.

"Sekarang anggota BPBD dan pihak terkait lainnya masih di lapangan. Selain membantu warga, juga menginventarisir kerusakan. Sementara ada delapan rumah yang dilaporkan rusak akibat puting beliung," kata Taufik Hidayat, Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Rabu (10/1/2018).

Angin puting beliung menerjang Dusun Geddang, Desa Pesanggerahan, Kecamatan Jangkar, pada Rabu (10/1/2018) siang. Kepanikan warga sempat berlangsung ketika puting beliung datang. Sebagian warga segera berupaya menyelamatkan diri dengan berlarian keluar rumah. "Sejauh ini memang tidak ada laporan korban luka maupun korban jiwa akibat bencana puting beliung ini," papar Taufik Hidayat.

Selain menyebabkan delapan rumah rusak, angin puting beliung juga membuat banyak pohon tumbang di wilayah setempat. Di antaranya ada yang menimpa rumah warga dan melintang ke badan jalan raya. Taufik mengimbau warga supaya tetap waspada terhadap cuaca sekarang ini. "Di tengah cuaca seperti ini, kami mengimbau kepada seluruh warga untuk lebih bersikap waspada. Baik saat hujan deras, maupun saat terjadi angin kencang," saran Taufik Hidayat.