BREAKINGNEWS.CO.ID - Delapan kota di Indonesia dan sembilan vanue dipastikan akan menjadi tempat pelaksanaan 78 laga musim kompetisi bola voli profesional tahunan di Indonesia, Proliga 2020. Kompetisi dimulai pada tanggal 24 Januari hingga 19 April 2020 mendatang dan diikuti oleh enam tim putra dan lima tim putri.

Sebanyak delapan laga pembuka termasuk upacara pembukaan akan dilangsungkan di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Riau pada 24 Januanri 2020. Pelaksanaan seri perdana putaran pertama itu akan berlangsung hingga 26 Januari 2020. Juara bertahan, Surabaya Bhayangkara Samator akan menjadi tuan rumah di Pekanbaru.

Sedangkan Iaga penutup atau grand final akan dilangsungkan di GOR Amongrogo, Yogyakarta, 18 den 19 April 2020. Tujuh venue lainnya yang akan menjadi tempat pelaksanaan kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-19 ini yakni GOR Satria Purwokerto (31/1-2/2), Gedung PSCC Palembang (7/1-9/1). GOR Tri Dharma Gresik (28/2-1/3), GOR C‘Tra Arena Bandung (6/1-8/1), GOR UNY Yogyakarta (13/1-15/1). GOR Joyoboyo Kediri (3/4-5/4), dan GOR Sritex Arena Solo (10/4-12/4).

Sementara enam tim putra yang akan meramaikan Proliga 2020 terdiri dari juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Garuda, dan tim pendatang baru Lamongan Sadang MHS.

Sedangkan di sektor putri, Iima tim yang akan berpartisipasi antara lain juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim.

Juara bertahan putri Jakarta PGN Popsivo Polwan dan Jakarta Pertamina Energi akan mengawali kompetisi kasta tertinggi bola voli di Tanah Air pada 24 Januari 2020 di Pekanbaru. Sedangkan juara bertahan putra. Surabaya Bhayangkara Samator dan Jakarta Garuda laga kedua pada hari yang sama.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengatakan pada musim kompetisi tahun ini, Purwokerto merupakan kota yang baru pertama menjadi tempat pelaksanaan Proliga, tahun ini. "lni berarti bola voli, khususnya Proliga, semakin berkembang dan menyebar di berbagai kota di Indonesia," ujar Hanny. Jakarta Pertamina Energi menjadi tuan rumah di Purwokerto.

Menurut manajer tim putra Jakarta Pertamina Energi, Sutrisno, dipilihnya Purwokerto ini dikarenakan kota Purwokerto memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk pelaksanaan sekelas Proliga. "Kita tahu kalau GOR Satria yang juga disebut sebagai GOR Sasana Krida Raga Satria ini pernah digunakan Kejurnas futsal dan Kejuaraan Provinsi Bola Voli Junior se-Jateng. Makanya kita pilih Purwokerto," ujar Sutrisno.