BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim nasional Kroasia bakal menghadapi Denmark yang lolos sebagai runner-up di Grup C pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. Laga ini dijadwalkan akan berlangsung pada Senin (2/7/2018) dini hari WIB di Stadion Nizhny Novgorod.

Sebelumnya, Timnas Kroasia berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dengan kemenangan sempurna di fase grup. Berada satu grup dengan Nigeria, Argentina, dan Islandia, skuat asuhan Zlatko Dalic ini lolos sebagai juara grup dengan meraih sembilan poin. Bek Kroasia, Dejan Lovren mengaku puas dengan raihan tersebut. Pemain berusia 28 tahun itu mengungkapkan bahwa lolos ke fase gugur memang menjadi tujuan timnya.

“Semenjak awal turnamen, lini pertahanan sudah berfungsi sangat baik. Kami menikmati sepakbola kami. Dan sekarang kami mengamankan tempat di babak 16 besar, yang selalu jadi tujuan kami, saya yakin kami akan bermain dengan lebih banyak kebebasan,” ungkap Lovren seperti dilansir dari laman resmi FIFA.

“Saya sudah mengatakan selama 20 tahun bahwa Kroasia dapat berbuat sesuatu yang besar di Piala Dunia, tapi saya merasa ada kesempatan yang nyata kali ini. Atmosfer dalam tim terasa hebat dan tim ini [Kroasia 2018] tidak bisa dibandingkan dengan empat tahun lalu di Brasil [Kroasia 2014]. Itu sangat berbeda, itu [Kroasia 2014 dan 2018] seolah-olah dua tim yang berbeda,” lanjutnya.

Disamping itu, bek Liverpool itu mengaku bahwa penampilan impresif Kroasia di Rusia 2018 dipengaruhi oleh sosok pelatih Zlatko Dalic. Menukangi Vatreni sejak Oktober 2017, Dalic disebut mampu mengubah suasana ruang ganti timnas Kroasia menjadi lebih baik. “Pelatih telah membuat atmosfer spesial. Dia tahu persis bagaimana berinteraksi dengan pemain dan melakukannya dengan cara unik,” ungkap Lovren.

Timnas Kroasia sendiri dibayangi debut bersejarah di Piala Dunia 1998. Ketika itu, skuat Vatreni yang diperkuat Davor Suker berhasil finis di tempat ketiga. Di Rusia 2018, Kroasia diperkuat banyak pemain bintang seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Ivan Perisic. Menyusul performa bagus di fase grup, skuat asuhan Zlatko Dalic ini diharapkan mampu mengulangi prestasi terbaiknya seperti yang mereka dapatkan Perancis 1998.

Menanggapi ekspektasi tersebut, Lovren yakin bahwa timnya bisa melangkah jauh di Rusia 2018. “Jika kami berani, kami dapat melangkah jauh. Terkadang sedikit keberuntungan diperlukan. Tapi kami dapat menjadi kuda hitam di Piala Dunia kali ini,” pungkasnya.

Timnas Kroasia sendiri berhasil mencatatkan rekor sempurna di fase grup Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Islandia di laga terakhir penyisihan grup. Raihan sembilan poin Kroasia hanya disamai oleh dua tim, yaitu Uruguay dan Belgia.