BREAKINGNEWS.CO.ID - Keputusan terbesar baru saja dilakukan YouTuber kreatif Indonesia, Reza Oktovian atau yang dikenal Reza Arap. Pasalnya, akun YouTube yang membesarkan namanya sebelum menjadi seorang gamer telah dihapus meski telah memiliki lebih dari 2,3 juta subscribers.

Keputusan YouTuber berusia 27 tahun itu lantas disayangkan oleh presenter Deddy Corbuzier. Tanggapan tersebut ia sampaikan melalui sebuah video di akun YouTube pribadinya.

Sebelumnya, Deddy Corbuzier sempat mengundang Reza dalam acara Talkshow yang dipandunya. Deddy Corbuzier sempat membocorkan bahwa Reza Arap meraih ratusan juta rupiah per bulan dari channelnya.

Deddy Corbuzier memberikan tanggapannya terkait keputusan YouTuber, Reza Arap yang menghapus channel-nya pada Senin (10/9/2018).

Dalam video berjudul 'REZA ARAP B0D0H!', Deddy Corbuzier menjelaskan sekilas apa yang dialami oleh Reza 'Arap' Oktovian. Pada awalnya ia tidak ada niatan untuk membahas hal ini, namun ia dibanjiri pertanyaan-pertanyaan di media sosialnya.

“So, gue rasa gue harus ngomong, karena mungkin satu-satunya orang yang tahu kenapa dan apa yang terjadi itu mungkin gue. Mungkin gue ya," ucap Deddy Corbuzier mengawali videonya.

Deddy menjelaskan ada tiga poin tentang keputusan mengejutkan dari Arap ini.

"Yang pertama adalah, dia sempet ketemu sama gue, dua bulan yang lalu di rumah gue, ngobrol-ngobrol dan sebagainya, dan dia mengatakan mau melakukan sesuatu dengan channel-nya, and that's including deleting channel dia" jelas ayah satu anak ini.

Menurutnya, menghapus channel tersebut bisa menjadi keputusan yang baik sekaligus buruk. Tapi Deddy mempercayai bahwa ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa, ia juga berharap para fansnya Arap tidak mengkhawatirkan keputusan ini.

"Jadi kalau lo Rapstraunot, atau fansnya Arap, don't worry about this. Itu yang pertama,"

Keinginan Arap untuk menghapus channel-nya sudah dipikirkan dua bulan yang lalu, dan Deddy menganggap drama-drama yang terjadi di YouTube-lah yang mengukuhkan keputusan Reza Arap untuk menghapus channel-nya.

"Yang kedua, apakah channel Arap yang di-delete itu bisa balik lagi atau enggak? The answer is, yes, bisa balik lagi," ujar Deddy melanjutkan penjelasannya.

YouTuber yang memang sudah memiliki nama di YouTube, Google akan meminta kreator tersebut untuk kembali dan tidak mungkin hilang begitu saja.

"Yang jadi masalah adalah, apakah Arap akan mengembalikan lagi channel-nya nggak? The answer is 'no'" tegas Deddy Corbuzier perihal potensi Arap akan mengembalikan channel YouTube-nya.

"Gue berani garansi bahwa Arap tidak akan mengambil channel itu lagi. Kalau sampai Arap ngambil channel itu lagi dan dia mulai nge-YouTube lagi dengan channel tersebut, gue sendiri yang akan gebukin Arap,"

"Karena dari omongan gue dengan Arap, he have something, he have vision yang besar, yang seharusnya dia as a man he will do it," ungkap Arap.

Deddy meyakinkan bahwa Arap tidak akan kembali lagi ke channel yang sudah dihapus tersebut.

"Dan yang ketiga, something's big will happen. Something really big will happen. Sesuatu yang besar akan terjadi," ungkap Deddy.

Deddy pun bingung mengapa ia bisa turut campur tangan untuk keputusan Arap. Namun, ia menjelaskan, bahwa hal-hal seperti ini akan terus terjadi di kehidupan manusia. Ia kembali menegaskan bahwa akan ada sesuatu yang besar sedang dipersiapkan oleh Arap.

"Something big will happen, if this works, this will be amazing, bloody amazing!" "If this doesn't work, maka Arap adalah orang yang paling bodoh yang pernah gue tahu. And if this works, I'm very proud to be his friend, if this doesn't works, he is so stupid,"

Reza Arap mengawali kiprahnya di YouTube sejak tahun 2011 yang artinya usia channel YouTube tersebut sudah tujuh tahun. Melalui unggahan Instagram Story-nya, Arap sempat mengungkapkan alasannya menghapus channel-nya tersebut.

"Hai, guys, what's up? Gue pengen ngobrol sama kalian karena gue udah lama banget nggak ngobrol. Terakhir kapan ya gue ngobrol, I don't know, pokoknya let's talk!" ucapnya. "I love YouTube with all my heart, I love my channel so much, gue nggak akan duduk di sini dan memiliki semua barang di sini kalau tidak karena YouTube," lanjutnya.

Ia pun mengungkapkan perasaannya bahwa apa yang ia miliki sekarang sudah cukup. Berkiprah di dunia YouTube selama tujuh tahun baginya sudah lebih dari cukup dan kini merupakan waktu yang tepat untuk berhenti.

Tak hanya itu, Arap juga membeberkan alasan mengapa ia mengambil tindakan yang cukup mengejutkan tersebut. Arap mengungkapkan bahwa ia akan fokus pada kehidupan nyatanya seperti kekasih dan kecintaannya pada dunia musik.

"Gue akan fokus terhadap kehidupan asli gue, kekasih gue, musik gue, gue rasa waktu gue telah selesai di YouTube. 7 tahun, bro, apa lagi?" ungkapnya. Reza juga mengatakan kalau dirinya ingin fokus kepada klub eSports yang sekarang sedang ia bangun dan bina.

"Gue mau fokus ke eSport manajemen gue, gue mau fokus ke klub yang lagi gue bangun sekarang!," tegasnya.

Terkait hal tersebut, Arap mengaku ini merupakan keputusan besar pertama yang ia ambil selama hidup. Ia juga mengaku telah mendiskusikan hal ini dengan sang kekasih dan mendapat dukungan.

"Gue telah membuat keputusan yang besar, ini pertama kalinya gue membuat keputusan besar seperti ini. Gue telah berbicara dengan kekasih gue, dan dia menghormati keputusan gue," tambahnya.

Usai mengemukakan alasannya, Arap pun menghapus channel YouTube-nya sembari mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih banyak YouTube, terima kasih atas semua ini, ini merupakan pengalaman luar biasa di hidupku, i love YouTube man, trust me!" ucapnya lagi.

Terakhir, Arap juga mengungkapkan rencananya yang akan beristirahat dari media sosial sampai waktu yang belum ditentukan.

"Gue akan beristirahat dari media sosial untuk beberapa waktu, nggak tau berapa lama, yang pasti gue mau istirahat, mau menikmati hidup gue dan uang gue!" pungkasnya.