BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelaksanaan debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tinggal hitungan jam. Rakyat Indonesia yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pilpres 17 April 2019 mendatang menantikan adu gulat gagasan, konsep dan strategi khusus para paslon dalam menyelesaikan persoalan bangsa, khususnya dibidang Hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, debat perdana pilpres ini sangat dinanti rakyat Indonesia. Sebab debat ini bukan hanya panggung marketing politik para calon. Akan tetapi menjadi sarana strategis para calon beradu gagasan, konsep dan strategi konkret menyelesaikan persoalan bangsa khususnya dibidang Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.

"Debat perdana pilpres ini sangat dinanti rakyat Indonesia saat ini karena penampilan pertama paslon. Debat ini juga bukan hanya sekedar panggung marketing politik para calon tapi menjadi sarana strategis para calon untuk beradu gagasan, konsep dan strategi konkret menyelesaikan persoalan bangsa khususnya dibidang Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme, agar rakyat punya referensi memilih paslon," kata Ramses di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Kemampuan para paslon, kata Ramses, dalam mengungkapkan strategi konkret dan logis terkait Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme menjadi penilaian khusus rakyat pemilih dalam menentukan pilihan politiknya.

"Ini ujian juga bagaimana paslon mampu ungkapkan strategi konkret dan logis terkait masalah Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Karena bisa menjadi penilaian khusus rakyat pemilih dalam menentukan pilihan politiknya nanti," ujar Ramses.

Lebih lanjut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini juga mengatakan, panggung debat ini bukan tempat untuk mempertontonkan retorika palsu agar menarik simpati rakyat. Tapi panggung debat ini merupakan sarana menjual kemampuan diri para paslon agar rakyat dapat menilai secara rasional bukan karena atas suka dan tidak suka.

Untuk itu, dirinya juga meminta masyarakat Indonesia menyaksikan secara baik gagasan, konsep dan strategi paslon baik paslon 01 maupun paslon 02 agar memiliki referensi yang jelas dalam menentukan pilihan.

Diketahui, debat perdana Pilpres 2019 digelar Kamis (17/1) malam ini di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat sendiri dimulai pada pukul 20.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui Kompas TV, TVRI, RTV, dan RRI.