BREAKINGNEWS.CO.ID - Beberapa tahun lalu kita sempat dihebohkan dengan seorang penyanyi berkebangsaan Norwegia, Audun Kvitland. Kehebohan pria bule tersebut karena lagu yang diciptakannya diambil dari salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat, yaitu Nasi Padang.

Lagu ini dibuat Audun lantaran sangat tergila-gila dengan masakan yang terkenal dengan rendangnya tersebut. Lagu ini diciptakannya saat berkunjung ke Indonesia untuk berlibur selama 3 minggu.

Seakan jatuh cinta dengan Indonesia, pria bernama lengkap Audun Kvitland Rostad ini akan mempersiapkan single terbaru yang masih berkaitan dengan Indonesia. Lagu berjudul Batik Friday ini akan dirilis secara resmi olehnya pada 12 Oktober 2018 mendatang.

Lagu Batik Friday merupakan hadiah yang diberikannya untuk Indonesia di bulan peringatan Hari Batik Nasional yang kita rayakan di tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Lagu ini kembali tercipta setelah kunjungan keduanya ke Indonesia beberapa waktu lalu dan langsung jatuh cinta dengan karya seni bernilai tinggi yaitu Batik.

Alasan dirinya memilih Batik karena kain tradisional Indonesia ini memiliki corak yang artistik. Bahkan setiap daerah memiliki kekhasannya tersendiri. Menurut Audun merupakan simbol dari Indonesia layaknya tanda pengenal seseorang.

“Saya melihat begitu banyak corak dan warna batik. Setiap daerah di Indonesia memiliki corak batik masing-masing. Dan saya tertarik pada baju atau kemeja batik dengan berbagai motif tradisionalnya yang artistik. Saya kira batik Indonesia merupakan simbol yang bagus, kemudian saya pikir batik akan menjadi topik menarik untuk single saya berikutnya,” ungkap Audun Kvitland.

Selain menciptakan lagunya, Audun Kvitland ternyata mengikuti tradisi yang ada di Indonesia. Dimana dirinya juga menggunakan baju Batik setiap hari Jum'at layaknya orang-orang di Indonesia, untuk menunjukkan rasa terima kasih dan kekagumannya akan Batik.

Audun Kvitland merupakan lulusan dari Norwegian University Science and Technology di jurusan Music Technology yang juga seorang musisi, gitaris, komposer, arranger, pencipta lagu sekaligus pemilik dari Ambolt Audio sound study. Sebelum merilis single Nasi Padang dan Batik Friday sebagai penyanyi solo, Audun sebenarnya seorang gitaris dari band asal Norwegia, Monkfish dan Asiago, bahkan sudah merilis 2 album.