BARCELONA-Genderang peperangan antara klub-klub di Spanyol akan segera dimulai. Yang menjadi menu pembuka persaingan adalah laga Barcelona vs Real Madrid di leg pertama final Supercopa Espana, Minggu (13/8) malam ini di di Stadion Camp Nou.

Piala Super Spanyol mempertemukan juara La Liga (Real Madrid) dengan peraih Piala Raja atau Copa del Rey (Barcelona). Mereka dua kali dipertemukan, dan leg-1 digelar mulai pukul 03.00 Senin (14/8) dini hari WIB nanti.

Dua pekan lalu, Barca dan Madrid sudah saling berjumpa pada laga pramusim di Amerika Serikat. Pada 30 Juli lalu itu Barca menang tipis dengan skor 3-2. Tapi, laga ini tentu saja sudah tidak bisa lagi dijadikan acuan karena hanya di level pramusim.

Pada laga tandangnya ke Camp Nou ini Madrid punya modal yang apik. Pasukan Zinedine Zidane baru saja merengkuh Piala Super Eropa dengan mengalahkan Manchester United. Namun, hal ini juga bisa jadi bencana jika Madrid justru kelelahan karena jadwal yang padat di awal musim.

Madrid di laga ini juga dipastikan tidak bisa menampilkan dinamo lini tengahnya, Luka Modric karena akumulasi kartu. Tanpa Modric, Isco  akan jadi andalan untuk bermain bersama Casemiro dan Toni Kroos di lini tengah.

Isco layak bermain karena baru saja tampil bagus lawan United dan jadi pemain terbaik di final Super Eropa. Menggeser Isco ke lini tengah, maka Zidane punya satu ruang di lini depan. Cristiano Ronaldo yang mulai fit bisa masuk dan tampil sejak awal. Trio BBC pun bisa diandalkan di lini depan.

Sementara, disaat Madrid berjibaku lawan United, Barca melakukan pemanasan dengan melawan klub Brasil, Chapecoense. Timnya Ernesto Valverde menghajar lawannya dengan skor 5-0. Barca memberi bukti tetap bisa tampil produktif meski tanpa seorang Neymar.

Kendati demikian Barca akan banyak berharap pada sosok Ivan Rakitic. Pemain asal Kroasia ini akan bertarung untuk bisa mematikan lini tengah Madrid. Selain itu, mantan pemain Sevilla juga diharap bisa lebih aktif menyerang untuk menutup lubang yang ditinggalkan Neymar.

Selain itu, laga ini juga akan jadi ujian pertama bagi pelatih baru Barca, Valverde. Mantan pelatih Athletic Bilbao ini akan menjalani debutnya di laga kompetitif sebagai pelatih Barca. Mampukah Valverde mencatat tinta emas di laga debutnya bersama Barca?.

Perkiraan  Susunan Pemain:
Barcelona [4-3-3]: Ter Stegen; Jordi Alba, Umtiti, Gerard Pique, Somedo; Ivan Rakitic, Busquets, Andres Iniesta; Deulofeu, Luis Suarez, Lionel Messi.

Real Madrid [4-3-3]: Keylor Navas; Dani Carvajal, Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Casemiro, Isco; Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

BREAKINGNEWS.CO.ID