BREAKINGNEWS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang hari ini mengadakan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 1 Desa Tambar, Kecamatan Jogoroto, untuk Pilbup 2018. KPU juga mencopot 4 dari 7 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tersebut. "Hari ini kami laksanakan PSU di TPS 1 Desa Tambar, ini sudah pelaksanaan," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Jombang Djafar kepada wartawan di lokasi, Minggu (1/7/2018). 

PSU di TPS 1 Desa Tambar berjalan normal. Sebagian warga yang terdaftar menjadi daftar pemilih tetap (DPT) di TPS ini juga telah berdatangan menyalurkan hak pilih yang kedua kalinya di Pilbup Jombang 2018.

Djafar menerangkan, PSU di TPS 1 Desa Tambar dilaksanakan oleh petugas KPPS baru. Pihaknya mencopot 4 orang petugas KPPS yang lama. Sementara 3 lainnya dipertahankan. "Dari 7 petugas KPPS, 4 kami ganti, yang 3 lama," ujarnya.

Pencopotan 4 petugas KPPS itu, lanjut Djafar, sekadar untuk memastikan penggelembungan suara di TPS 1 Desa Tambar tidak terulang kembali. "Tidak ada indikasi apa-apa, hanya untuk me-refresh supaya kejadian tak terulang, teman-teman bekerja lebih profesional lagi," terangnya.

PSU di TPS 1 Desa Tambar digelar KPU untuk menindaklanjuti rekomendasi Panwascam Jogoroto. Terjadi pelanggaran administrasi di TPS itu. Saat penghitungan suara pada Rabu (27/6/2018), Panwascam Jogoroto mendapatkan penggelembungan 25 suara Pilbup Jombang 2018. Di dalam kotak suara Pilbup Jombang 2018, berisi 333 surat suara yang telah dicoblos. Padahal, pemilih yang datang ke TPS hanya 308 orang.

Anehnya, kelebihan 25 surat suara di dalam kotak suara itu dipastikan asli hasil pengadaan KPU Jombang. Bahkan juga, seluruh surat suara yang telah dicoblos tersebut distempel serta ditandatangani Ketua KPPS TPS 1 Desa Tambar Rofiudin.

Sebanyak 25 surat suara misterius itu ternyata bukan jatah untuk TPS 1 Desa Tambar. Pasalnya, jumlah surat suara cadangan dan surat suara tak terpakai tak berkurang.

Jumlah DPT TPS ini sebanyak 484 jiwa. Terdiri dari 251 pemilih laki-laki serta 233 pemilih perempuan. Sementara surat suara untuk TPS 1 Desa Tambar 497 lembar, termasuk 2,5% cadangan.