BREAKINGNEWS.CO.ID - Berbicara kuliner, Salatiga termasuk yang top markotop. Varian makanannya banyak. Ada masakan ndeso khas Jawa Tengah. Ada olahan susu, sate dan ada pula bakso legendaris di Salatiga. Semua bisa menjadi pilihan saat #PesonaMudik2019.

"Koleksi kulinernya beragam dan nikmat, beberapa sangat otentik. Tempatnya juga keren.,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, selasa (28/5/2019). Penasaran? Yuk simak 10 wisata kuliner di Salatiga. Berikut panduan #pesonamudik2019.

1.Ayam Goreng Bu Toha

Kamu suka ayam goreng ? Datang saja ke Ayam Goreng Bu Toha Salatiga aja. Kenapa harus ke Ayam Goreng Bu Toha? Karena memang rasanya benar juara. Pasti ketagihan dengan rasa gurih yang meresap sampai ketulang.

Rasa Ayam Goreng Bu Toha ini sulit dilupakan. Kegurihan ayam dipadukan sambel bawang pedas, rasanya juara bangett.

2.RM Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyhudi

Suasananya klasik Jawa. Sate kambingnya empuk, hangat dan juicy. Tongsengnya juga sangat direkomendasikan.

Cara penyajiannya menggunakan hotplate Hal ini menjadikan daging sate tetap hangat. Bumbu sate yang dipakai, perpaduan dari bumbu kacang dan bumbu kecap. Daging sate berasal dari kambing muda. Ini menjadikan daging terasa empuk ketika dikunyah.

3. Ronde Sekoteng Jago Salatiga

Menu paling spesial di kedai ini ronde sekoteng. Resepnya juga spesial. Sembilan ramuan berkhasiat untuk lambung serta daya tahan tubuh.

Ramuan tersebut terdiri dari jahe, gula, ronde. Selain itu manisan jeruk, sagu delima, kolang-kaling, manisan tangkweh hingga rumput laut. Soal rasa, tentu saja pedas menggigit. Uniknya, kamu juga bisa memesan ronde dingin dengan tambahan es di dalamnya.

4.Bakso Daging Sapi Sari Roso ABC

Rasa bakso ABC ini mantap, murah dan meriah. Kuahnya, pas banget. Bakso kekenyalannya pas
Pokoknya Wueeenaknya pol.

Semangkok bakso berisikan bakmi dan bakso. Kombinasi yang pas. Sangat enak dan gurih. Bikin lidah bergoyang. Sangat recommended untuk dicoba.

5. Rumah Makan Es Cobra

Suasananya warung makan tempo dulu! Mulai dari dinding, bangku, meja semuanya cozy. Rasa Es Cobranya paling manis. Pokoknya pas buat nongkrong kaum milenial.

Dalam semangkuk es cobra berisi potongan kolang-kaling, nanas, pepaya, leci, cincau hitam, melon, dawet, dan ketan hijau. Kuahnya adalah air santan. Ragam buahnya banyak. Jadi meriah esnya. Dingin menyegarkan dan manis.

6. Soto Esto Salatiga

Soto Esto ini merupakan soto yang legendaris. Semangkuk soto terdiri dari nasi putih. Ditambah taoge di atasnya, irisan daun seledri dan suwiran daging ayam kampung. Kuah santannya berwarna putih agak kekuningan. Ditambah taburan bawang goreng di atasnya. Maknyuuss!

Rasa bumbunya ringan, segar dan gurih. Aroma kuah santannya khas dan daging ayamnya empuk. Soto disajikan dengan taburan remahan kerupuk karak, yang renyah dan gurih. Selain itu, juga ada sate telur puyuh, sate kerang, sate usus lengkap ada di sini. Selain itu bakwan jagung, dan tempe goreng. Ditambahkan lagi beberapa ekor udang diatasnya.

7.Waroeng Goenoeng Kopeng

Tempatnya cukup nyaman. Rasa makannya sangat lezat.

Menu andalan di waroeng nggonoeng nasi jagung. Rekomendasi bagi wisatawan ke warung ini. Adalah nasi jagung goreng. bumbunya nyampur banget, merata! Jadi bikin tambah “rakus” makannya.

Selanjutnya adalah makanan Sego Godhok. Menu ini pas banget untuk daerah Kopeng. Memliki udara sejuk menusuk tulang. Karena sego godhok disajikan dalam keadaan panas.

8. Gudeg Aan

Kedainya sederhana. Lokasinya di sekitaran Jln. Pungkursari, Salatiga. Buka mulai pukul 07.00 WIB sampai siang ke sore hari.

Berbeda dengan warung gudeg lainnya. Di Gudeg Aan, pengunjung bisa mencoba Gemak Goreng atau Burung Puyuh Goreng. Selain itu, cita rasanya juga lebih kering dan gurih. Penasaran dengan rasanya, langsung datang saja!

9. Opor Bebek Mak Yah

Konsepnya tradisional. Suasananya diset khas pedesaan. Opor bebeknya juara banget. Rasanya gurih,asin, lezat jadi satu.pokoknya nyesel kalau tidak dicoba.

Opor bebek Mak Yah itu berbeda. Cara memasaknya yang masih tradisional banget. Daging bebek berkuah kental berwarna kuning. Bertabur bawang merah goreng. Ukuran daging bebeknya terbilang besar. Ditambah dengan nasi hangat. Haaap! sangat nikmat.

10.Lawuh Ndeso

Lawuh Ndeso warung makan berkonsep prasmanan. Tempatnya otentik Jawa Tengahan. Makanannya Tradisional banget. Menunya ada puluhan khas Jawa. Semua masakannya Wueeenak tenan.

Tak hanya puluhan menu khas Jawa saja. Di sini disediakan aneka jenis sambal. Tentu rasanya tak kalah nikmat.

Menu andalan RM ini sup matahari . Terbuat dari campuran daging, tahu, wortel, jagung, sosis yang dibungkus telur dadar tipis. Untuk penyajiannya, lapisan telur dibuka sehingga membentuk matahari. Kemudian disiram dengan kuah kaldu. Rasanya gurih, nikmat banget.