BREAKINGNEWS.CO.ID – Pebulutangkis ganda putra andalan Indonesia, Marcus Finaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil meraih kemenangan atas ganda putra asal Taiwan, Lee Jhe-Huei/Lee Yang dalam laga yang berlangsung di Haixia Olympics Sports Center di Fuzhou, Cina, Selasa (6/11/2018), serta memastikan tiket ke babak kedua Fuzhou Cina Terbuka 2018.

Marcus/Kevin yang akrab dikenal dengan sebutan dua minions merupakan pasangan nomor satu dunia menghadapi Lee/Lee yang berperingkat 15 dunia. Kedua pasangan kembali bertemu setelah terakhir kali sama-sama berhadapan pada babak semifinal Asian Games 2018, Agustus lalu.

Marcus/Kevin tidak mengalami kendala berarti ketika menjalani gim pertama. Setelah skor 3-3, ganda pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu berhasil menjaga keunggulan dan memimpin dengan skor 11-8 pada interval gim pertama. Tiga angka berturut-turut diraih oleh Marcus/Kevin selepas interval dan semakin menegaskan keunggulan mereka sebelum menutup gim pertama dengan kemenangan 21-13.

Awal gim kedua berjalan lebih sulit bagi Marcus/Kevin terlibat kejar mengejar poin dengan Lee/Lee. Skor imbang bertahan hingga poin tujuh. Setelah itu, Marcus/Kevin berhasil unggul dan melepaskan diri dari kejaran poin Lee/Lee. Setelah memimpin 11-9 Marcus/Kevin semakin melebarkan jarak dan mengakhiri babak kedua dengan skor 21-16. Sebelum Marcus/Kevin bertanding, tujuh wakil Indonesia sudah bermain. Dari tujuh wakil hanya Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berhasil melaju ke babak kedua setelah mengalahkan Goh Son Huat/Shevon Jemie Lai dengan skor 21-17 dan 21-19.

Tontowi/Liliyana lebih difavoritkan memenangkan pertandingan ini. Pasangan yang akrab disapa Owi/Butet tersebut menempati unggulan ketiga, sedangkan ganda lawan tidak berstatus unggulan. Akan tetapi, Tontowi/Liliyana tidak melaju dengan mudah. Pasangan peraih medali emas Olimpiade 2016 tersebut mendapatkan perlawanan sengit dari ganda asal Malaysia.

Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Yulia Yosephin Susanto gagal merebut tiket ke babak kedua Fuzhou Cina Terbuka 2018.

Pada penyelenggaraan hari kedua Fuzhou Cina Terbuka 2018 yang berlangsung Rabu (7/11) mendatang, pemain-pemain andalan Indonesia seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan baru akan berlaga di babak pertama.