BREAKINGNEWS.CO.ID – Hasil berbeda dituai Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir (Owi/Butet) dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil menggenggam tiket babak kedua Fuzhou Cina Terbuka 2018. Tontowi/Liliyana menang dua gim langsung 21-17, 21-19 atas pasangan Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie, di Haixia Olympic Sports Center, Selasa (6/11/2018).

Tontowi/Liliyana lebih difavoritkan memenangkan pertandingan ini. Pasangan yang akrab disapa Owi/Butet tersebut menempati unggulan ketiga, sedangkan ganda lawan tidak berstatus unggulan. Akan tetapi, Tontowi/Liliyana tidak melaju dengan mudah. Pasangan peraih medali emas Olimpiade 2016 tersebut mendapatkan perlawanan sengit dari ganda Malaysia.

Pada gim pertama, kejar mengejar poin berlangsung sengit. Walaupun menunjukkan dominasi, Tontowi/Liliyana masih mendapatkan tekanan dari Goh/Lai. Gim ini dimenangi Owi/Butet dengan margin empat poin. Pertandingan berjalan semakin sengit pada gim kedua. Goh/Lai masih memberikan tekanan untuk mengambil alih kendali permainan.

Akan tetapi, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menunjukkan kelasnya. Gim ini juga dimenangi dengan skor tipis 21-19. Tontowi/Liliyana tinggal menunggu lawan di babak kedua. Yakni, pemenang antara pasangan Amerika Serikat, Mathew Fogarty/Isabel Zhing dan Hwi Tae Kim/Kim Hye Jeong dari Korea Selatan.

Fajar / Rian Tersingkir

Langkah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal diikuti ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto. Menempati unggulan kedelapan Fajar/Rian justru tersingkir setelah kalah dua gim langsung dari ganda putra asal Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Hen 18-21, 19-21. Fajar/Rian lebih banyak tertekan sepanjang pertandingan. Mereka kesulitan mencari cara untuk mengambil alih kendali pertandingan.

Pertandingan berjalan ketat sejak gim pertama. Sayangnya, Fajar/Rian pada akhirnya harus angkat koper lebih awal. Ini merupakan penampilan perdana Fajar/Rian setelah absen pada dua turnamen Eropa, Denmark Terbuka 2018 dan Prancis Terbuka 2018. Sayangnya, pertandingan tersebut gagal berujung manis. Tidak hanya lewat dua laga itu, sejumlah wakil Indonesia lainnya juga akan bertarung pada Selasa (6/11). Berry Angriawan/Hardianto berebut tiket babak kedua dengan wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Akbar Bintang Cahyono/winny Oktavina Kandow menghadapi pasangan Cina, Xiangyu Ren/Zhou Chaomin. Kemudian Hafiz Faizal/Glroia Emanuelle Widjaja vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dari Thailand. Di nomor tunggal putri, Yullia Yosephin Susanto berhadapan dengan Gao Fangjie dari Cina. Paling akhir akan tampil Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melawan Lee Jhe-Hui/Lee Yang dari Korea Selatan.