BREAKINGNEWS. CO.ID - Chinese Taipei hancur lebur pada laga kedua Grup A kompetisi sepak bola Asian Games XVIII/2018 saat menghadapi Timnas Indonesia. Mereka dipermak 0-4 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Minggu (12/8/2018) malam.

Pelatih Chinese Taipei Wushung Pen mengungkapkan, pemainnya tak mampu mengimbangi permainan Timnas Indonesia karena kelelahan. Sebab, sebelum melawan Garuda Muda, Chinese Taipei sudah melakoni pertandingan melawan Palestina. Laga tersebut berakhir imbang tanpa gol.

"Indonesia bermain penuh semangat. Mereka sangat kuat. Indonesia pun mengalami perkembangan yang pesat. Tapi, ingat, ini adalah pertandingan kedua kami. Sedangkan bagi Indonesia ini adalah pertandingan pertama. Jadi, mereka mempunyai kondisi yang bagus," kata Wushung Pen.

Sejatinya, Timnas Indonesia sempat kesulitan mencetak gol pada babak pertama. Padahal, Hansamu Yama dan kawan-kawan mengahasilkan sejumlah peluang matang. Penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat mereka gagal menghasilkan gol.

Timnas Indonesia U-23 berhasil memecah kebuntuan pada babak kedua. Adalah Stefano Lilipaly yang menjadi aktor utamamanya. Pemain naturalisasi itu mencetak gol melalui sundulanya memanfaatkan umpan dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Evan Dimas.

Selepas gol tersebut, Timnas Indonesia makin menggila. Pada menit ke-71, Alberto Goncalves berhasil menggandakan kedudukan. Lima menit berselang, Stefano Lilipaly kembali mencetak gol melalui aksi ciamiknya dengan tendangan akroatik di dalam kotak penalti.

Gol pamungkas Timnas Indonesia dicetak oleh Muhammad Hargianto pada masa injury time. Tendangannya dari luar kotak penalti tak mampi dihalau kiper Chines Taipei, Wencieh Pan.

Bagi Chinese Taipei, kekalahan ini membuat mereka ada di peringkat keempat dengan satu poin. Sementara, Indonesia ada diperingkat kedua dengan poin tiga. Selanjutnya, Chinese Taipei akan berhadapan dengan Hong Kong di Stadion yang sama pada Rabu (15/8).

Kemenangan adalah jalan satu-satunya untuk Chinese Taipei bertahan lebih lama di Asian Games. Oleh Karena itu, Wushung Pen mengungkapkan bahwa skuatnya harus berjuang habis-habisan pada laga tersebut. "Kami akan tetap bekerja keras supaya kami bisa berbuat banyak di Asian Games ini," pungkasnya.