BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim Basket Putra Indonesia gagal melenggang ke babak semifinal Asian Games 2018. Pada pertandingan di Hall A Gelora Bung Karno (GBK), Senin (27/8/2018), Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan ditelanjangi 63-98.

Pada awalnya, Indonesia cukup bisa mengimbangi China. Sejauh delapan menit awal kuarter pertama berjalan, Indonesia bisa menahan perolehan poin China sehingga hanya tertinggal 13-18. Meski kalah dalam segi tinggi badan dan kecepatan, beberapa kesempatan dari percobaan tripoin dan serangan fast break mampu membuat Indonesia merepotkan China.

Akan tetapi, kondisi ini tidak berlangsung lama karena pada akhirnya stamina para pemain Indonesia terkuras. China memastikan keunggulan 26-13 di akhir kuarter pertama berkat dunk Wang Zhelin dan lemparan bebas Zhao Rui. Memasuki kuarter dua, Indonesia mulai memperbaiki sistem permainan dan lebih keras dalam berebut rebound.

Hasilnya cukup apik karena bisa mencetak delapan poin saat kuater ini berjalan empat menit. Kendati begitu, dominasi Wang Zhelin di bawah ring masih sulit untuk dipatahkan oleh big man Indonesia. Mereka mampu membukukan 27 poin tambahan. Sedangkan, Indonesia hanya bisa membalasnya lewat 15 poin di kuarter kedua ini.

Memasuki kuarter ketiga, China masih tak terbendung. Mereka terus menggempur Indonesia dan mengakhiri periode ini dengan keunggulan 80-44. Pada kuarter pamungkas atau keempat, China banyak merotasi pemain intinya dan memberikan menit bermain bagi pemain cadangan. Sehingga laga di kuarter ini tidak secepat dan seintens di tiga kuater sebelumnya.

Meski begitu, selisih poin yang sudah sangat besar tidak terlalu berpengaruh buat China meski Indonesia bisa menyerang lebih mudah. Tak seperti di tiga kuarter sebelumnya di mana rata-rata China memasukkan 25 poin per kuaternya, di kuarter empat ini China mencetak 19 angka. Meski begitu, Indonesia yang menambah 19 poin pada akhirnya harus menyerah dengan skor 63-98.

Dengan hasil ini China lolos ke semifinal dan akan menantang antara Korea Selatan atau Taiwan pada Kamis (30/8). Sedangkan Indonesia, bakal melakoni pertandingan kualifikasi untuk memperbutkan posisi 5 dan 6 pada Selasa (28/8).