BREAKINGNEWS.CO.ID-Chelsea bertekad untuk semakin memberi tekanan pada Tottenham Hotspur dalam perburuan peringkat ketiga di klasemen sementara, sementara Newcastle United harus keluar dari bayang-bayang terdampar di zona degradasi. Itulah atmosfir dari pertemuan kedua tim di matchweek 22 Premier League Minggu (13/1/2019) dini hari mulai 00.30 WIB di Stamford Bridge. The Blues saat ini berada di peringkat empat dengan nilai 44, terpaut empat angka dari Tottenham Hotspur di urutan ketiga, sementara The Magpies di posisi 15 dengan 18 angka.

"Tiga angka penting dari pertandingan ini sehingga kami bisa lebih memberi tekanan pada Spurs," ujar Maurizio Sarri, manajer Chelsea, terkait duel timnya dengan Newcastle dini hari nanti.

"Kami masih berada di posisi yang sulit, tetapi kemenangan bukannya tidak mungki, bulan ini kami berjuang untuk memantapkan diri di papan tengah," kata Rafael Benitez, manajer Newcastle United.

Maurizio Sarri berharap timnya tidak lagi menjadi korban dari gol kontroversial yang dibantu oleh VAR di pertengahan pekan saat mereka kalah 0-1 di leg pertama semifinal Piala Liga dari Tottenham Hotspur.

Maurizio Sarri (kanan) dan Rafa Benitez.

Chelsea menjamu Newcastle dengan keunggulan tiga poin atas Arsenal. Skuad asuhan Maurizio Sarri mencatat empat kemenangan pada enam pertandingan terakhirnya, di luar laga imbang tanpa gol melawan Southampton di Premier League. Namun, mungkin saja The Blues masih dibayangi kekalahan 0-1 di kandang dari Leicester City sebelum Natal.

Chelsea hanya mencetak 6 gol dalam 6 pertandingan liga terakhirnya, dan gagal mencetak gol dalam 2 pertandingan kandang terakhir di liga. Untungnya bagi Sarri, mereka setidaknya membaik di lini belakang dan hanya kebobolan satu gol dalam 5 pertandingan kandang terakhir.

Membaiknya pertahanan The Blues ini tentunya akan membuat lini serang Newcastle harus lebih bekerja keras, apalagi The Magpies dikenal sebagai tim dengan lini serang terburuk ke-2 di Premier League. Mereka hanya mencetak 15 gol dalam 21 pertandingannya  sejauh ini,  dan cuma mencetak satu gol dalam 4 pertandingan liga terakhirnya.

<blockquote class="twitter-tweet" data-lang="en"><p lang="en" dir="ltr">RB on the mood in the Magpies’ camp: “They are disappointed when you lose and don’t take chances, but after that, we have to clear our heads and start thinking about the next game. Last January, we were in a difficult position, but we started winning and we finished tenth.” <a href="https://twitter.com/hashtag/NUFC?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#NUFC</a> <a href="https://t.co/6UHRj2IXqK">pic.twitter.com/6UHRj2IXqK</a></p>&mdash; Newcastle United FC (@NUFC) <a href="https://twitter.com/NUFC/status/1083723723994222593?ref_src=twsrc%5Etfw">January 11, 2019</a></blockquote>
<script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Tidak mengherankan, kesulitan mencetak gol ini membuat mereka dalam posisi yang sulit, ‎The Magpies saat ini hanya 2 poin di atas zona degradasi, dengan tercatat hanya memenangkan 1 dari 8 pertandingan liga terakhirnya.  Enam dari 10 pertandingan tandang The Magpies telah berakhir dengan kurang dari 3 gol yang dicetak, dan dengan mereka mencetak 4 gol dalam 8 pertandingan liga terakhirnya.

Merujuk dari data, Chelsea telah memenangkan lima laga, imbang satu kali, dan satu kali kalah pada tujuh pertemuan terakhir mereka dengan Newcastle. Chelsea juga hanya satu kali kalah dalam 23 pertandingan kandang di Premier League melawan The Magpies.

Lima laga terakhir Chelsea vs Newcastle United
26-8-2018-Liga Primer: Newcastle 1-2 Chelsea
13-5-2018-Liga Primer: Newcastle 3-0 Chelsea
28-1-2018 Chelsea-Piala FA: 3-0 Newcastle
2-12-2017-Liga Primer: Chelsea 3-1 Newcastle
14-2-2016-Liga Primer: Chelsea 5-1 Newcastle.