BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebutkan sejumlah masalah yang menjadi fokus utama pembicaraan dalam Urban 20 (U20) Global Summit di Argentina pada beberapa hari lalu. Salah satu masalah itu adalah perubahan iklim, di mana 80 persen perekonomian dunia ada di perkotaan.

“Kalau anda lihat penyumbang polusi terbesar ada di perkotaan, polusi udara, air dan lain-lain jadi salah satu masalah adalah lingkungan hidup,” ujar Anies di Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu (3/11/2018).

Selain perubahan iklim juga masalah integrasi sosial, bagaimana di semua kota mengalami masalah ketimpangan baik ketimpangan pekerjaan, pendidikan maupun ketimpangan status sosial ekonomi.

“Jadi kemarin kita banyak diskusikan akan kita kerjakan sama-sama bersama kota Ini. Karena u20 ini adalah 20 negara yang tergabung dalam G-20 ini pertemuan pertama. Ada kesepakatan-kesepakatan yang nanti InsyaAllah bisa kita laksanakan,” kata Anies.

Tidak sampai di situ, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menyebut masalah paling krusial dari seluruh kota yang hadir dalam pertemuan tersebut tidak lain adalah integrasi sosial. Sebagaimana diketahui inegrasi sosial bisa dirasakan ketika ada ketimpangan dan itu hampir terjadi pada setiap kota.

Dalam acara tersebut, Anies mendapat gelar dari Parlemen Kota Otonom Buenos Aires sebagai tamu kehormatan Kota Buenos Aires dalam acara Urban 20 (U20) Global Summit di Argentina, Selasa (30/10/2018). Ia berharap hubungan antara Jakarta dengan Kota Buenos Aires semakin meningkat dengan melalui kerjasama. Ia pun berterima kasih kepala Parlemen Kota Otonom Buenos Aires yang telah memberikan penghargaan sebagai tamu kehormatan.

“Sebuah penghargaan tersendiri diangkat menjadi tamu kehormatan. Dari seluruh peserta pertemuan U20 hanya tiga orang yang diangkat sebagai Tamu Kehormatan,” ujar Anies.