BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera menambah fasilitas di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan mengirimkan tenaga medis maupun obat-obatan ke seluruh daerah yang terkena penyakit tersebut.
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi data Kemenkes hingga 19 Februari yang menyebutkan bahwa melonjaknya kasus DBD di sejumlah daerah selama periode Januari-Februari 2019 yaitu mencapai 23.305 kasus dengan 207 diantaranya meninggal dunia dan beberapa daerah menetapkannya sebagai kejadian luar biasa. 
 
"Mempermudah dan mempercepat penanganan terhadap masyarakat yang menderita penyakit DBD," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta seperti dikutip, Selasa (26/2/2019). 
 
Selanjutnya Bambang mendorong pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan akses transportasi ke daerah-daerah terpencil, agar dapat mempermudah penanganan terhadap masyarakat yang terkena DBD di daerah terpencil tersebut. 
 
Selain itu Bambang mendorong Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Daerah dan Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan masyarakat untuk serius menangani dan menanggulangi DBD, seperti dengan aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan menggiatkan gerakan 3M yaitu menutup, menguras, dan menimbun.
 
"Serta melakukannya secara massal, berkelanjutan, dan konsisten, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah DBD," tegasnya. 
 
Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemda bersama dengan Dinas Kesehatan Daerah meminta perangkat daerah kecamatan dan kelurahan untuk secara berkala melakukan fogging (pengasapan), memberikan obat pembunuh jentik nyamuk abate kepada masyarakat, 
 
"Memberikan imbauan kepada masyarakat untuk secara rutin melakukan kerja bakti guna membersihkan genangan-genangan air sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti," tegasnya. 
 
Bambang pun mengimbau masyarakat untuk menaburkan bubuk larvasida ke tempat penampungan air, memakai obat atau lotion anti nyamuk, serta memakai kelambu pada saat tidur, sebagai upaya-upaya untuk mencegah terkena DBD.