CLEVELAND – LeBron James sukses menghantarkan Cleveland Cavaliers membuka laga musim regular NBA 2017/2018 dengan kemenangan saat menjamu Boston Celtics di Quicken Loans Arena, Cleveland, Selasa (17/10/2017) atau Rabu (18/10/2017) WIB, dalam pertandingan itu Cavaliers unggul dengan skor 102-99 atas Celtics.

James yang dikabarkan sempat diragukan untuk tampil memperkuat Cavaliers karena mengalami cedera, mampu menjawab tantangan tersebut dengan tampil sangat memukau di pertandingan itu, tampil dengan begitu impresifnya ia pun nyaris menorehkan triple-double sebelum memastikan kemenangan Cavaliers.

Pada pertandingan pembukaan itu, kedua tim tampil dengan kekuatan penuh. Celtics sebenrnya tampil cukup baik dalam laga ini, terbukti mereka berhasil mengungguli Cavaliers di awal kuarter pertama lewat bintang mereka, Kyrie Irving dengan skor 9-12, petaka menghampiri Celtics saat kuarter pertama tersisa 6:45 menit.

Dalam sebuah skema serangan, Irving yang memegang bola di sisi kiri mencoba memberikan bola kepada Hayward yang berlari dari sisi kanan menuju ring. Hayward berhasil menjangkau bola, tapi dia terjatuh dengan keras karena diapit James dan Jae Crowder.

Hayward tergeletak di bawah ring. Kaki kiri Hayward yang menjadi tumpuan saat mendarat terlihat patah di bagian pergelangan kaki. Dia langsung ditandu keluar lapangan menuju ruang ganti untuk mendapatkan perawatan medis. Para penonton dan seluruh pemain kedua tim yang menyaksikan pemandangan mengerikan itu sontak terdiam dan beberapa terlihat sambil menutup wajah.

Hayward digantikan Marcus Smart. Saat keluar, Hayward baru mencetak dua poin dan satu rebound. Celtics mengumumkan Hayward didiagnosis mengalami retak pergelangan kaki kiri (fractured left ankle).

Dengan keluarnya pemain andalan mereka, Haywerd ternyata membuka peluang besar bagi tuan rumah untuk membalikan keadaan dengan memimpin 29-12 pada akhir kuarter pertama lewat aksi James yang berhasil mencetak empat poin, empat assist, dan emepat rebound.

Memasuki kuarter kedua, Kedua tim pun memutuskan untuk melakukan pergantian beberapa pemain lapis kedua, meski demikian rotasi tersebut tak mampu merubah kedudukan, bahkan Caverliers tampah mendominasi jalannya pertandingan dengan terus unggul dan memimpin dengan skor 54-38 saat halftime.

James semakin mendekati triple-double dengan mencetak 14 poin, tujuh rebound, dan enam assist, sedangkan Crowder mengemas 11 angka. Jaylen Brown memimpin Celtics dengan 12 poin dan empat rebound. Irving menambah sembilan poin dan lima assist.

Pada awal kuarter ketiga, Celtics coba menunjukan kebangkitan mereka lewat aksi-aksi dari rookie Jayson Tatum dan Brown. Tembakan tiga angka Tatum memangkas defisit Celtics menjadi tinggal empat poin dalam kedudukan 63-67 dengan 3:36 menit tersisa. Tatum yang mengisi peran Hayward total mencetak 10 poin pada kuarter ketiga.

Marcus Smart bahkan sempat membawa Celtics balik memimpin 71-69 lewat layup saat laga tersisa empat detik. Namun, tembakan tiga angka Derrick Rose saat buzzer membuat Cavaliers tetap unggul satu poin pada akhir kuarter ketiga dalam kedudukan 72-71. James sudah mencatat dobel-dobel dengan 16 poin dan 10 rebound plus tujuh assist. Di kubu Celtics, Brown telah mencetak 20 poin.

Laga semakin panas pada kuarter terakhir. Irving dan Brown membawa Celtics unggul lewat tembakan tiga angka. Namun, James selalu mampu memberikan jawaban untuk membuat skor tetap ketat. Celtics hanya unggul satu angka dalam kedudukan 92-91 dengan 2:58 menit tersisa.

James jadi pembeda pada pengujung laga. Dia mencetak empat poin dan memaksa lawan membuat turnover. Tembakan tiga angka Kevin Love membuat Cavaliers menjauh menjadi 102-99. Irving sempat punya kesempatan menyamakan kedudukan untuk memaksakan overtime. Namun, tembakan tiga angkanya pada detik terakhir gagal menembus jaring Cavaliers.

James menjadi bintang kemenangan Cavaliers dengan mencetak 29 poin dan 16 rebound. Dia hanya kurang satu assist untuk mencatat triple-double. Love menambah 15 poin dan 11 rebound.

Brown memimpin Celtics dengan 25 poin dan enam rebound. Irving menyumbang 22 poin dan 10 assist, sedangkan Tatum mengemas 14 poin dan 10 rebound.

Boston Celtics selanjutnya akan menjamu Milwaukee Bucks di TD Garden, Boston, Rabu (18/10) atau Kamis (19/10) WIB. Cleveland Cavaliers juga akan menghadapi lawan yang sama pada Jumat (20/10) atau Sabtu (21/10) WIB di BMO Harris Bradley Center, Milwaukee.