Jakarta Sempatkah saat beli buah di supermarket atau pasar, nyatanya belum masak atau bahkan juga busuk? Untuk beberapa orang, pilih buah yang masak dengan pas adalah hal yang cukup susah. Kadang-kadang, Anda tidak mengerti sinyal tanda kalau buah itu telah betul-betul masak atau tidak.

Nah, Anda tidak butuh cemas, seperti yang ditulis dari situs Bright Side, Rabu (14/6/2017), kenali sinyal buah-buahan yang telah masak dengan memerhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Buah Nanas

Buah nanas yang mempunyai aroma begitu menyengat, itu berarti nanas itu telah sangat masak.

Bila Anda menghimpit buah nanas serta sedikit penyok, jadi berisi telah masak. Kulit nanas yang berwarna hijau, bukanlah bermakna belum masak, namun mungkin saja jadi varian nanas yang tidak sama.

Nanas yang masak mempunyai daun yang berwarna hijau dengan ujung yang sedikit layu. Sesaat daun nanas yang berwarna hijau utuh sinyal buah belum masak.

2. Buah Mangga

Buah mangga dapat berwarna kuning, hijau, atau merah, bergantung varietasnya. Dalam sebagian varietas, Anda bahkan juga tidak dapat tahu buah mana yang masak serta mentah dari warna spesifik. Tanda prima dari kematangan yaitu bercak gelap pada kulitnya. Bila terdapat banyak bercak, itu berarti buah mangga telah masak.

Mangga yanga masih tetap keras pertanda mentah. Sedang buah mangga yang masak begitu lembut, namun tidaklah terlalu lembut. Tetapi, bila kulit mangga saat ditekan rusak, pertanda buah mangga telah sangat masak.

Mangga masak juga mempunyai aroma khas yang manis.

3. Buah Pepaya

Hal yang umum untuk memastikan buah pepaya masak atau tidak yaitu dari warna kulitnya. Pepaya yang masak bakal berwarna kuning atau oranye. Sedang kulit pepaya yang warnanya hijau yaitu sinyal belum masak.

Buah yang paling masak mempunyai kulit berwarna seragam, namun cermati juga kelembutannya. Bila kulitnya berwarna kekuningan, namun dagingnya keras, berarti buah belum masak dengan prima.

Kulit pepaya dengan noda gelap kecil akan tidak merubah rasa pepaya, sesaat noda yang besar adalah tanda-tanda buah yang sangat masak bahkan juga nyaris busuk.

4. Buah Alpukat

Kulit alpukat yang telah masak dapat berwarna cokelat atau hijau cerah bergantung varietasnya.

Ada banyak lubang kecil pada kulit alpukat yang masuk kedalam bila Anda mengocok alpukat masak.

Tekan buah untuk lihat apakah penyok bakal tetaplah ada. Bila ya, jadi alpukat telah masak. Bila tidak hilang, mungkin saja buah alpukat itu telah sangat masak atau busuk.

Tag