JAKARTA - Panitia Asian Games (INASGOC) terus berbenah, Pada Rabu (31/1/2018), bertempat di Headquarter INASGOC di Jakarta, mereka meluncurkan Monitoring Operation Center (MOC) atau yang disebut ruang monitoring. Turut hadir Wakil Presiden Jusu Kalla saat Eric Tohir (Ketua Inasgoc) membeberkan fungsi dari ruangan terebut.

Eric Tohir menerangkan, dalam ruangan MOC tersebut terpampang seluruh kegiatan yang menjadi tanggung jawan INASGOC sebagai penyelenggara. Mulai dari kamera pantau (CCTV) di venue kompetisi, stadion utama, wisma atlet, traffic management, analisis media sosial, dashboard volunteer, jam dunia, dan hitung mundur invitation tournament dan games times. Tak ketinggalan pula mengenai info cuaca, jadwal pertandingan serta Asian Games Information Services (AGIS).

Direktur IT INASGOC, Edi Prabowo, menerangkan, Di dalam ruang MOC tersebut juga sudah terpasang aplikasi yang tersambung dengan 45 negara peserta Piala Dunia. Hal itu digunakan untuk informasi terkait penyelenggaran Asian Games.

"Sudah terpasang aplikasi yang tersambung dengan para peserta. Jadi setiap kontingan yang akan berangkat kita bisa memonitor, mulai dari jadwal, keberangkatan, kedatangan serta cabang dan nomor apa mereka bertanding ada kita bisa cek di sini", kata Edi.

Lebih lanjut, Edi mengatakan,pihaknya telah bekerja sama dengan National Traffic Management Center (NTMC) atau Pengendali Lalu Lintas Nasional untuk mensiasti jika ada kemacetan. Sehingga perjalanan para kontingen sejak dari bandara kedatangan tidak terkena macet. "Kita kerja sama dengan TMC, khusus untuk test event agar bisa mngatur lalu lintas sepanjang jalur Asian Games", tutur Edi.