BREAKINGNEWS.CO.ID – Cabang olahraga bulutangkis menambah koleksi medali emas kontingen Indonesia di Asian Para Games 2018. Pasangan ganda putra Fredy Setiawan / Dwiyoko menambah medali emas dalam partai pamungkas ganda putra SL3-SL4, Sabtu (13/10/2018), di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Melalui pertarungan sengit, Fredy Setiawan / Dwiyoko menaklukkan pasangan Korea Selatan, Jeon Sun-woo/Joo Dong-jae, 22-20, 22-20. Pertarungan kedua pasangan ini berlangsung ketat hingga angka terakhir. Susul menyusul angka terjadi di set pertama. Akan tetapi, kegigihan Fredy Setiawan / Dwiyoko berhasil mengakhiri perlawanan Jeon Sun-woo / Joo Dong-ja 22-20.

Di set kedua, Fredy Setiawan / Dwiyoko sempat jauh memimpin. Akan tetapi, pasangan Korsel sempat menyamakan skor hingga 20-20. Dua angka terakhir pada akhirnya mampu direbut ganda Indonesia dan mengakhiri pertandingan dengan skor 22-20. Ini merupakan emas ke-37 bagi Indonesia di Asian Para Games 2018. Indonesia saat ini masih berada di posisi kelima klasemen sementara perolehan medali.

Tambahan Medali

Medali emas ke-36 untuk Indonesia didapatkan dari cabang para bulutangkis. Ganda campuran, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila, setelah di partai final XD SL3-SU5 di Gelora Bung Karno, mengalahkan wakil Thailand, Siripong Teamarrom/Nipada Saensupa. Tampil di hadapan penonton sendiri, Hary/Leani tampil garang sejak di game pertama, terbukti mereka berhasil merebut game satu dengan poin 21-7.

Di game kedua, Hary/Leani tak mengendorkan serangan, smes keras dan bola pendek diluncurkan terus menerus dan akhirnya menutup pertandingan dengan poin 21-10. Satu medali emas pun akhirnya berhak mereka bawa pulang. Dengan raihan satu emas ini, koleksi medali emas Indonesia menjadi 36 medali dan memperkuat posisi Indonesia di peringkat kelima klasemen sementara perolehan medali Asian Para Games. Sebelumnya, dua emas juga direbut dari bulutangkis, yakni melalui tunggal putra, Dheva Anrimusthi. Dan, dari ganda campuran Dheva Anrismusthi/Hafizh Briliansyah.ikut menyumbang medali emas untuk bulutangkis Indonesia di Asian Para Games 2018. Leani / Hary menang mudah dua set langsung 21-7, 21-10 atas ganda Thailand Siripong Teamarrom / Nipada Saensupa. Sebelumnya, medali emas juga disumbang pasangan Dheva Anrimusthi / Hafizh Briliansyah Prawiranegara. Di final ganda putra SU5, mereka berhasil mengalahkan Suryo Nugroho / Oddie Kurnia Dwi Listyanto 21-9, 21-9.

Raih Perak

Pada partai final lainnya, Dheva Anrimusthi sumbang emas untuk tim bulutangkis Indonesia. Di final tunggal putra SU5 Dheva Anrimusthi kalahkan rekan senegaranya Suryo Nugroho dua set langsung 22-20, 21-13, Sabtu (13/10/2018). Namun, Fredy Setiawan gagal sumbang medali emas di cabang bulutangkis Asian Para Games 2018. Di final tunggal putra SL4, Fredy kalah tiga set dari wakil India, Tarun 21-10, 13-21 dan 19-21.