BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-23 saat ini tengah menjalani Training Camp (TC) di Bali sebagai persiapan Asian Games. Pemusatan latihan itu dijadwalkan pada 24 Juli hingga 11 Agustus 2018. Selama di pulau Dewata, rencananya Garuda Muda akan melakoni dua laga uji coba melawan klub Liga 1 dan Timor Leste. Akan tetapi, rencana tersebut terpaksa dibatalkan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha.

Penyebabnya adalah adanya pengundian ulang pembagian grup cabang olahraga sepakbola pria Asian Games. Karena, Dewan Olimpiade Asia (OCA) sudah memastikan bahwa drawing ulang akan dilakukan besok (25/7). "Untuk uji coba belum bisa dipastikan karena kami masih menunggu keputusan soal drawing ulang. Karena jika dilakukan drawing ulang tapi kami akhirnya satu grup dengan Timor Leste, maka tidak mungkin kami beruji coba melawan mereka," kata Tisha saat ditemui di sela-sela evaluasi putaran pertama Liga 1 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Indonesia awalnya sudah ditetapkan bersaing di Grup A bersama dengan Laos, Cina Taipei dan Hong Kong. INASGOC sebagai penyelenggara Asian Games di Indonesia belum mengumumkan mekanisme undian ulang yang akan dilaksanakan besok, di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Namun bila dilakukan open draw yang artinya membuat UEA atau Palestina otomatis masuk Grup A dan membuat grup tersebut dihuni lima tim maka jadwal akan mengalami perubahan. Jika dalam satu grup ada lima tim, maka otomatis kick-off grup tersebut akan dimulai sejak 10 Agustus, sehingga ada pertimbangan tertentu untuk tidak beruji coba karena waktu yang sudah semakin dekat." ungkapnya.

Tak Gentar dengan Siapapun

Lebih lanjut, Tisha mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia U-23 tak masalah meskipun adanya pengundian ulang. Karena, menurutnya, Hansamu Yama dan kawan-kawan sudah melakukan persiapan yang matang. Terbukti dalam beberapa uji coba terakhir dengan tim-tim kuat seperti Korea Selatan, Uzbekistan, Korea Utara, Bahrain, dan Thailand secara permainan mampu mengimbangi.

Pada ujicoba terakhir, Hansamu Yama dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Korea Selatan dengan skor 1-2 di Stadion Pakansari, Cibinong. "Kalau bicara menyayangkan atau tidak. Itu kalau tim kita bisa mengukur kemampuan diri kita. Ketika kita masuk ke kompetisi Asia memang lawan-lawan lebih bagus di atas kita. Maka dari itu kita pada uji coba melawan lawan-lawan yang lebih kuat dari kita. Dan terbukti kita bisa mengimbanginya," pungkasnya.