BREAKINGNEWS.CO.ID – Tommy Sugiarto berhasil melaju ke babak semifinal Korea Open 2018 usai mengalahkan wakil tuan rumah, Hoe Kwang Hee dengan skor 15-21, 21-19 dan 21-9 dalam duel mereka di babak perempat final yang berlangsung di SK Handball Stadium, Seoul, Korea Selatan, Jumat (28/9/2018).

Berkat kemenangan ini, Tommy Sugiarto pun dipastikan akan berhadapan dengan rekan satu pelatnasnya di PBSI, Jonatan Chiristie di babak semifinal. Itu artinya Indonesia telah memastikan satu tempat di babak final Korea Open 2018 yang akan diwakili oleh salah satu diantara kedua pebulutangkis tunggal putra Merah putih ini.

Tommy Sugiarto memulai pertandingan pada gim pertama dengan kurang bagus. Beberapa kali Tommy gagal mengantisipasi serangan Heo. Bahkan tunggal putra Korea Selatan itu berhasil mengakhiri interval gim pertama dengan keunggulan 11-5 atas Tommy Sugiarto. Selepas jeda, Tommy Sugiarto berusaha untuk menipiskan ketertinggalannya dari wakil tuan rumah. Upaya Tommy Sugarto berhasil saat membalikkan kedudukan menjadi 15-14. Sayangnya wakil tuan rumah kembali memimpin sebelum memenangkan gim pertama dengan skor 21-15.

Pada gim kedua, Tommy Sugiarto bermain lebih baik daripada gim pertama. Padahal, dia sempat mendapatkan perawatan pada jari kanannya. Meski demikian, Tommy Sugiarto berhasil mengakhiri interval gim kedua dengan keunggulan 11-8 atas Heo. Selepas jeda interval gim kedua, Heo sempat dua kali menyamakan kedudukan setelah tertinggal dari Tommy Sugiarto. Pertandingan kemudian berjalan lebih ketat menjelang poin krusial. Namun Tommy Sugiarto berhasil memenangkan gim ketiga setelah unggul 21-19.

Pada gim penentuan, wakil Indonesia berhasil tampil bagus pada awal pertandingan. Bahkan Tommy Sugiarto sempat mendapat enam poin beruntun. Heo sempat menipiskan selisih poin dengan Tommy Sugiarto. Namun tunggal putra Indonesia berhasil menutup interval gim ketiga dengan keunggulan 11-7. Selepas jeda, Tommy Sugiarto semakin menjauh dari kejaran wakil tuan rumah saat unggul 16-8. Tommy akhirnya memastikan diri lolos ke semifinal setelah mengakhiri gim ketiga dengan keunggulan 21-9.