BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Bali sekaligus membuka rangkaian acara utama pertemuan tahunan atau Annual Meeting IMF-Bank Dunia 2018. Presiden Jokowi menjadi pembicara dalam plenary session annual meeting IMF- WB. Acara ini berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada pukul 09.00-10.30 WITA.

Acara ini merupakan satu rangkaian panjang diskusi yang membahas berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi negera-negara ASEAN. Presiden Jokowi memberikan sambutan di hadapan seluruh peserta yang berasal dari 189 negara.

Dalam mengawali sambutannya, Jokowi pun tidak lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh tamu dan peserta yang sudah membantu pemulihan bencana Lombok dan Sulawesi Tengah.

"Ini menunjukkan persaudaraan kita yang erat dan untuk kemanusiaan, untuk selesaikan masalah bersama," kata Jokowi.

Jokowi juga menceritakan tentang kekompakan para pemangku kebijakan di dunia yang berhasil menyelamatkan ekonomi dunia dari krisis ekonomi global 10 tahun lalu.

"10 tahun yang lalu kita alami krisis finansial global berkat langkah fiskal luar biasa keberanian politik yang besar bapak ibu pembuat kebijakan dunia selamatkan dunia dari depresi global yang sudah di depan mata," kata Jokowi.

"Kami sampaikan selamat kepada bapak ibu dalam hadapi krisis finansial global, sejak 20 tahun sudah siap-siap global alami risiko yang dalam," tambah dia.

Presiden Jokowi.



Kemudian, agenda dilanjutkan dengan kunjungan Jokowi ke Indonesia Pavilion yang juga berada di Nusa Dua, Bali. Kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini berlangsung pukul 10.30-12.00 WITA.

Indonesia Pavilion merupakan pameran yang memperlihatkan kebudayaan dan keindahan alam Indonesia. Di sini ditawarkan juga produk-produk kerajinan dari UMKM juga soal investasi yang menarik di Indonesia.

Agenda selanjutnya, Presiden Jokowi berlanjut dengan pertemuan G-20 pada pukul 10.45-12.15 WITA di BNDCC. Pertemuan ini dihadiri seluruh menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara G20.

Dalam kesempatan tersebut akan dibahas sejumlah isu global. Di antaranya mengenai pembiayaan pembangunan infrastruktur serta kondisi Afrika.

Kemudian, para pejabat negara dan delegasi akan melakukan makan malam bersama di Garuda Wisnu Kencana. Acara ini diagendakan berlangsung pada pukul 19.00-20.30 WITA.