BREAKINGNEWS. CO.ID - Striker Timnas Indonesia Budi Sudarsono mengatakan, skuat Merah Putih tak boleh terlalu menghormati Thailand sebagai lawan. Timnas Indonesia akan melakoni laga ketiga Grup B Piala AFF melawan tuan rumah Thailand. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018).

Budi mengatakan, Thailand bukanlah tim yang harus disegani. Meskipun secara raihan trofi di Piala AFF, tim Gajah Putih unggul jauh dari Indonesia. Si Piton, begitu sapaan akrabnya, Timnas Indonesia saat ini juga diisi oleh sejumlah pemain yang memiliki kapasitas. Oleh karenaya, Indonesia memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan. "Menurut saya Thailand itu sama saja dengan tim yang lain. Tidak ada yang perlu dibesar-besarkan. Kita punya kekuatan dan harus dimaksimalkan itu," kata Budi Sudarsono kepada Breakingnews.co.id.

Thailand memang selama ini menjadi momok bagi timnas Indonesia. Tim Garuda lebih banyak menelan kekalahan saat melawan Thailand. Dari 66 duel, timnas menelan 31 kekalahan. Sementara 17 laga lainnya berakhir dengan imbang.

Sehingga timnas hanya menang 18 kali melawan Thailand selama ini. Torehan gol timnas melawan Thailand juga memprihatinkan. Timnas hanya mampu membobol gawang Thailand sebanyak 78 kali. Sedangkan Thailand menjebol gawang Indonesia sebanyak 112 kali.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi dua tahun lalu. Tepatnya di final Piala AFF 2016. Bermain di kandang sendiri, Stadion Pakansari, timnas mampu menggulung Thailand dengan skor 2-1. Sayangnya dalam final leg kedua yang digelar di Bangkok, timnas kalah 0-2. Timnas pun gagal meraih gelar Piala AFF untuk pertama kalinya.

Catatan di atas tak membuat Budi menarik perkataannya. Ia meyakii bahwa Indonesia bisa mengalahkan Thailand. Bahkan, pemain yang pernah membela Persik Kediri, Persib Bandung, dan Persija Jakarta ini meyakini bahwa Piala AFF 2018 ini merupakan milik Indonesia. "Kalau prediksi saya Indonesia bisa menang. Kalau dilihat dari individu pemain kita bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggra," tegasnya.

Harus Curi Poin

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan poin 3. Akan tetapi, situasi ini belum sepenuhnya menguntungkan bagi pasukan Bima Sakti. Sebab, mereka telah melakoni dua pertandingan. Sementara di peringkat ketiga ada Filipina yang memiliki poin yang sama 3. Namun, pasukan Sven-Göran Eriksson baru sekali menjalani pertandingan.

Artinya, untuk duel melawan Thailand, Timnas Indonesia setidaknya harus mencuri satu poin di kandang Thailand jika mereka masih ingin menjaga harapan lolos ke babak semifinal.