BREAKINGNEWS.CO.ID - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Hj. Megawati Soekarnoputri kembali menunjuk Prasetio Edi Marsudi menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Prasetio dinilai mampu membantu warga Jakarta dan mengembangkan partai serta bijak memimpin DPRD DKI. 
 
Penunjukan Prasetio jadi sejarah baru karena dua kali berturut-turut memimpin DPRD DKI. Penunjukan Pras, sapaan akrab Prasetio Edi Marsudi, tertuang dari surat DPP PDI Perjuangan tertanggal 1 Oktober 2019. Surat itu ditandatangani Hj. Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristianto. 
 
"Benar sekali. Kami sudah menerima surat dari pimpinan kami di DPP PDI Perjuangan yang menujuk pak Pras kembali menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).

Gembong menambahkan, pihaknya pun sudah mengantarkan surat tersebut ke Sekwan dan Kemendagri RI untuk dibuatkan surat keputusan, dan sesegera mungkin dilakukan pengukuhan pimpinan DPRD DKI. 

Hal senada diakui Sekwan DPRD DKI Yuliadi. Dia mengatakan, pihaknya telah menerima surat penunjukan Prasetio Edi Marsudi menjadi Ketua DPRD DKI. Dan saat ini sedang proses administrasi saja untuk segera dikukuhkan. 

"Suratnya sudah kami terima. Saat ini sedang koordinasi untuk menentukan waktu pengukuhan pimpinan dewan. Dan semua partai sudah mengajukan nama pimpinannya di DPRD DKI. Mudah-mudahan Senin (7/10) dikukuhkan dalam rapat paripurna," jelasnya. 

Berbagai kalangan menilai, penunjukan Pras kembali sebagai Ketua DPRD DKI periode 2019-2024 oleh DPP PDI Perjuangan merupakan langkah yang tepat dan bijak. Karena, sosok Pras dinilai telah terbukti mampu memimpin Kebon Sirih selama lima tahun ini atau 2014-2019. 

Beberapa prestasi yang ditorehkan Bendahara DPD PDI Perjuangan DKI ini antara lain, Pras mampu menghantarkan Jokowi-Ahok menjadi Gubernur dan Wagub 2012 lalu. Kemudian, menghantarkan Jokowi jadi Presiden 2014 sekaligus menjadikan Fraksi PDIP meraih kursi terbanyak di DPRD DKI pada pileg 2014. 

Selain itu, Pras merupakan sosok yang keras dalam mengkritisi kinerja gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun dilakukan secara santun dan tidak menonjolkan kebencian. Artinya, program Anies yang bagus untuk warga Jakarta akan didukung. Sementara yang tidak bagus, dengan tegas Pras nenolaknya.

Saat ditanya, Pras mengaku akan bekerja semaksimal mungkin dalam membela kepentingan warga Jakarta serta mengawasi program Pemprov DKI untuk lima tahun mendatang. 

"Saya akan bekerja semaksimal mungkin sesuai kepercayaan pimpinan PDI Perjuangan kepada saya," ucap Pras. 

Adapun pimpinan DPRD DKI perriode 2019-2024 adalah Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua. Didampingi empat wakil ketua yaitu M. Taufik (Gerindra), Abdurrahman Suhaimi (PKS), Desy (Demokrat), dan Zita Anjani (PAN).