BREAKINGNEWS.CO.ID-Liverpool mengawali tahun 2019 dengan dua kekalahan beruntun, yakni menyerah 1-2 pada Manchester City dan kemudian dihempaskan Wolverhampton Wanderers juga dengan skor 1-2 di putaran III Piala FA di Molineux. Kini, The Reds bertekad kembali ke jalur kemenangan saat bertandang ke Stadion Amex untuk menghadapi tuan rumah Brighton & Hove Albion di matchweek 22 Premier League, Sabtu (12/1/2019) malam ini.

Dari head to head, Liverpool menang 9, imbang 3 dan hanya kalah satu kali dari 13 pertemuan lawan Brighton. Liverpool menang tipis 1-0 saat dua tim bertarung di awal musim pada akhir Agustus 2018 di Anfield.

Dari sisi tuan rumah, The Seagulls Brighton akan melayani The Reds dengan kepercayaan diri yang tinggi setelah menebas sesama rival di papan tengah Bournemouth 3-1, akhir pekan lalu di putaran III laga Piala FA. Anthony Knockaert, Yves Bissouma dan Florin Andone berada di papan skor untuk membantu tim mereka lolos ke putaran keempat kompetisi itu.

Timnya Chris Hughton tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi. Ini merupakan sebuah catatan bagus: menghadapi Arsenal  (1-1), Everton (1-0) dan West Ham (2-2) dalam tiga laga liga teranyarnya.

Brighton memiliki rekor kandang yang bagus dengan 5 kemenangan, tiga kali imbang dan dua kekalahan.

Dari sisi Liverpool, Jurgen Klopp mengalami krisis bek tengah menyusul cederanya Dejan Lovren, bergabung dengan Joe Gomez dan Joel Matip yang masih berjuang di fase pemulihan. Fabinho, jika dimainkan, diperkirakan akan dimundurkan dari posisi regulernya dan tempatkan di bek tengah.

Adam Lallana memiliki masalah kecil yang terhadi sebelum kekalahan di Piala FA, dan mungkin absen di sini. Kapten Jordan Henderson diharapkan pulih tepat waktu untuk jadi starter.

Dengan Fabinho jadi bek tengah, Naby Keita dan James Milner akan bersaing untuk tempat ketiga di lini tengah jika Klopp memilih formasi 4-3-3.

Liverpool memenangkan lima pertandingan terakhirnya dengan Brighton di semua kompetisi.

Dari head to head antara manajer tim, Chris Hughton sudah 6 kali menghadapi Liverpool dan selalu kalah. Chris Hughton sudah 3 kali menghadapi Jurgen Klopp dan selalu kalah.

Lima laga terakhir Liverpool vs Brighton
25-8-2018-Liga Primer: Liverpool 1-0 Brighton
13-5-2018-Liga Primer: Liverpool 4-0 Brighton
2-12-2017-Liga Primer: Brighton 1-5 Liverpool
19-2-2012-FA Cup: Liverpool 6-1 Brighton
22-9-2011-Piala Liga: Brighton 1-2 Liverpool