BREAKINGNEWS.CO.ID-Borussia Dormund memenangkan pertandingannya dengan Bayern Munchen dengan skor 3-2, Minggu (11/11/2018) dini hari WIB di Signal Iduna Park, Dortmund. Keberuntungan tampaknya memang sedang menjauhi Munchen, dua kali memimpin, harus keluar lapangan dengan kekalahan di laga klasik antara dua seteru berat ini. Dortmund semakin perkasa di puncak klasemen, dengan nilai 27 dari 11 pertandingan, sementara Bayern Munchen tetap di urutan ketiga dengan 20 angka.

Bayern Munchen sudah memimpin di menit ke-26 melalui Robert Lewandowski dari assist Gnagby. Borussia Dortmund menyamakan di menit ke-49 dari eksekusi penalti Marco Reus.

Lewandowski kembali membuat timnya memimpin 2-1 di menit ke-52 dari assist Kimmich. Namun, lagi-lagi Reus menjadi pahklawan timnya setelah menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dari assist Piszceck.

Paco Alcacer menjadi penentu kemenangan Borussia Dortmund setelah meneruskan umpan Witsel di menit ke-73.

Dortmund yang bertekad mempertahankan posisi di puncak klasemen tampil dengan formasi 4-2-3-1. Uniknya, pelatih Lucien Favre menggunakan Mario Gotze sebagai false-nine. Nama-nama lain seperti Jadon Sancho, Marco Reus, hingga Axel Witsel jadi penopang alur serangan.

Di lain pihak, Bayern menerapkan skema 4-1-4-1. Bomber haus gol Robert Lewandowski jadi striker tunggal. Seolah tak ingin membuang kesempatan mendekati puncak, pelatih Niko Kovac langsung memainkan pemain-pemain bintangnya macam Thomas Muller, Franck Ribery, Mats Hummels, hingga kiper Manuel Neuer sejak menit pertama.
Kedua kesebelasan langsung tampil terbuka sejak awal. Peluang berbahaya dihasilkan Borussia Dortmund pada menit 11. Kombinasi umpan dari lini tengah diakhiri dengan aksi Marco Reus yang menusuk sendirian ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer. Sayang, sontekan Reus dari jarak dekat kelewat lemah. Bola tak sulit untuk diantisipasi sang penjaga gawang.

Bayern Munchen beberapa kali mencoba menekan balik, namun mereka kesulitan menuntaskan serangan hingga akhir. Sementara permainan Dortmund pun pelan tapi pasti mengalami penurunan tempo. Belum ada gol hingga 25 menit pertandingan berlalu.
Kebuntuan akhirnya pecah pada menit 26. Bukan Dortmund, namun Bayern Munchen yang justru memecah kebuntuan lewat sebuah serangan balik cepat. Usai menerima umpan Joshua Kimmich, dari sayap kanan Serge Gnarby mengirim umpan silang ke kotak penalti. Robert Lewandowski yang sudah berdiri bebas menanti bola menuntaskan operan ini dengan baik. Ia membelokkan bola dengan sebuah sundulan, sehingga mengarah ke sisi kanan gawang sekaligus mengecoh kiper Marwin Hitz. Skor 0-1.