BREAKINGNEWS.CO.ID - Terkait dengan Boris Johnson terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris, Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi, menuturkan sudah mengucapkan selamat kepada Boris.

Retno juga mengatakan kalau dirinya sudah memberikan laporan kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) perihal terpilihnya mantan wali kota London tersebut. "Saya sudah lapor sama Presiden. Kalau dari saya, karena saya kan berteman dengan Boris, dengan Bojo pada saat dia menjadi menteri luar negeri, jadi pada saat kemarin saya sudah (mengucapkan). Saya bilang 'dear Boris, dear prime minister congratulation'," kata Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019).

Retno mengatakan bahwa Presiden Jokowi baru akan mengucapkan selamat kepada Johnson atas terpilihnya sebagai PM Inggris pada Rabu (24/7) ini. Ia belum tahu apakah Jokowi akan memberikan ucapan selamat melalui sambungan telepon atau mengirimkan surat kepada Johnson. "Saya kira hari ini beliau akan keluarkan (pernyataan selamat kepada Boris Johnson)," tuturnya.

Johnson berhasil memenangkan kursi perdana menteri Inggris setelah mendominasi suara pemilihan Partai Konservatif pada Selasa (23/7) kemarin. Berdasarkan penghitungan suara yang rampung pada Senin sore, mantan Menlu Inggris itu memenangkan 92.153 suara, sementara rival sekaligus penerusnya sebagai Menlu, Jeremy Hunt, mendapat 46.656 dukungan.

Johnson sudah digadang-gadang sebagai calon terfavorit Partai Konservatif untuk menggantikan Theresa May. Ia dan Hunt merupakan dua dari 10 politikus yang lolos dari lima putaran penyisihan kandidat PM yang dipilih oleh 313 anggota parlemen Partai Konservatif.

Johnson sendiri pernah berkunjung ke Jakarta saat masih menjabat wali kota London pada 30 November 2014 lalu. Saat itu Johnson bertemu Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk bersepeda bareng dalam kegiatan car free day.