BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan memberikan bonus terhadap atlet Asian Games asal DKI Jakarta. Bonus diberikan baik kepada atlet yang memperoleh medali maupun yang tidak mendapatkan medali. Bonus tersebut dianggarkan Pemprov DKI dalam APBD-Perubahan 2018. Bonus tersebut adalah bentuk penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta kepada para atlet asal Ibu kota yang berprestasi di Asian Games 2018. 

Namun wacana bonus yang akan naik dari Rp300 juta menjadi Rp750 juta sepertinya tidak akan terealisasi. Dalam pemberian bonus ini, Pemprov DKI akan merujuk pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1203 Tahun 2018 tentang besaran bonus atlet peraih medali di kompetisi tingkat Asia untuk kategori perorangan tingkat Asia. Dalam Pergub tersebut sudah diatur atlet peraih medali emas dapat bonus Rp300 juta, medali perak Rp150 juta dan peraih medali perunggu Rp90 juta. Sementara bonus kepada atlet yang tidak mendapatkan medali, sebenarnya tidak diatur dalam pergub itu. 

“Nah Pergub-nya sudah terbit pada bulan Agustys yang lalu sebelum Asian Games, memang sudah ada Pergub yang mengatur pemberian apresiasi penghargaan kepada atlet peraih medali di Asian Games. Nah itu sudah ada ketentuan besarannya,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Ratiyono di kantor DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Senin (10/9/2018).

Ratiyono menuturkan, bonus untuk atlet merupakan bentuk penghargaan supaya menjadi lebih baik menghadapi SEA Games di Manila-Filiphina pada tahun 2019 mendatang. Ia pun secara pribadi menganggap besaran bonus untuk atlet tidak perlu besar artinya Rp750 juta justru dikhawatirkan semangat atlet menurun.

“Justru kita ingin kepada atlet kita jangan kemudian diguyur bonus yang berlebihan akhirnya nanti sudah merasa dirinya nyaman. Yang kita dorong adalah fighting spirit-nya, jangan kemudian malah sudah nyaman,” tuturnya.

Sedikitnya terdapat 180 atlet DKI Jakarta bertanding di Asian Games XVIII. Sebanyak 10 atlet mendapatkan medali emas, 11 atlet mendapatkan medali perak dan sembilan atlet mendapatkan medali perunggu. Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta telah menganggarkan bonus sebanyak Rp21.3 miliar.