BREAKINGNEWS.CO.ID– Video Assistant Referee (VAR) menjadi salah satu teknologi yang menjalani debutnya di Piala Dunia. Sebelumnya pada perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil ada teknologi yang digunakan yaitu goal line technology. Terkait penerapan VAR di Piala Dunia 2018 ini  bomber muda tim nasional Inggris Marcus Rashford  memberikan komentarnya.

Perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia kini sudah memasuki hari keenam. Selama itu, VAR pun turut mengambil peran dalam terjadinya beberapa gol. Tercatat, sejauh ini wasit sudah menghadiahkan 10 penalti kepada para kontestan Piala Dunia yang semuanya hampir bermula dari VAR.

Dan peran VAR yang paling kentara adalah di laga ketika Prancis berhadapan dengan Australia. Saat itu wasit yang memimpin jalannya pertandingan sempat meneruskan jalannya laga ketika bomber Timnas Prancis, Antoine Griezmann dilanggar di kotak terlarang. Namun, beberapa saat kemudian wasit pun akhirnya menghentikan laga sementara untuk melihat VAR dan memberikan hadiah penalti kepada Spanyol.

Bomber The Three Lions, Marcus Rashford pun meyakini jika peran teknologi dalam dunia sepak bola sudah tidak mampu untuk dibendung lagi. Ia pun mendukung adanya VAR di Piala Dunia kali ini.

"Ide untuk membawa itu (VAR) ke pertandingan sudah tepat. Itu akan terus berkembang seiring waktu karena ada beberapa keputusan, seperti yang melibatkan Kane yang setidaknya harus dicek entah itu penalti atau tidak," ungkap Rashford seperti dilansir dari fourfourtwo.

"Itu memang hak mereka untuk memutuskan tetapi setidaknya mereka harus mengecek kejadian seperti itu. Saya yakin mereka bisa mengembangkannya," jelasnya.

Disamping itu, perihal peran VAR, Rashford yang sudah merasakan dampak dari VAR sebelum Piala Dunia ini mengakui jika perkembangan teknologi tersebut memang dibutuhkan. Namun tentunya VAR masih harus terus diperbaiki lagi kedepannya.

"Saya tidak berbicara soal kejadian spesifik semalam (Tunisia vs Inggris) karena saya sudah pernah membicarakannya sebelumnya," sambung Rashford.

"Itu cukup sulit perihal perlu atau tidaknya VAR, karena saya pikir itu adalah sesuatu yang jelas dibutuhkan pertandingan ini. Sama halnya dengan hal-hal lain, VAR masih membutuhkan perkembangan dan saya pikir akan terus berkembang seiring waktu berjalan," pungkasnya.