BREAKINGNEWS.CO.ID - Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap dua tersangka penyelundupan 64 kg sabu, yakni Samsul Bahti dan Maman Nurmansyah, di Malaysia. Keduanya kabur ke negeri jiran dengan meninggalkan perahu motor atau speedboat di Pantai Sruway, Aceh, Jumat (12/4/2019).

Perahu berisi 64 kg sabu tersebut ditemukan oleh patroli TNI AL pada 13 September 2018. TNI AL kemuliaan berkoordinasi dengan BNN untuk menangkap Samsul dan Maman.

"Speedboat tidak bertuan, pelakunya melarikan diri. Kami mendeteksi pelaku kabur ke Malaysia," ujar Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, Jumat (12/4/2019).

BNN koordinasi dengan polisi Malaysia menemukan keberadaan kedua pelaku di Pulau Penang. Mereka berhasil diamankan Polis Diraja Malaysia (PDRM) tanpa ada perlawanan. PDRM kemudian menyerahkan tersangka ke BNN.

"Penangkapan ini kerja sama polisi Malaysia, BNN, dan pihak imigrasi kedua negara," ujar Arman.

Kedua tersangka dibawa ke Indonesia dari Bandara Penang ke Bandara Kualanamu, Medan.

Dugaan sementara, kedua tersangka bertugas sebagai kurir. Kasus tersebut masih dalam pengembangan. BNN menduga mereka Diduga dikendalikan napi Lapas Cipinang, Jakarta, Edi alias Samurai.

"Saat ini tersangka dan seluruh barang bukti berada di BNNP Sumut," ujarya