BREAKINGNEWS.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi wilayah DKI Jakarta cerah berawan pada hari ini. Dalam situs resminya, Minggu (12/8/2018). BMKG meramalkan Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan sore hingga malam hari.

Dalam situs resminya www.bmkg.go.id merilis prakiraan cuaca yang menyatakan ada potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang akan mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta, pada sore hingga malam hari.

Hujan disertai kilat atau petir juga diperkirakan terjadi di Bogor sore hari nanti. Tangerang juga berpotensi terjadi hujan siang nanti.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat pada sore hingga malam hari," tulis peringatan dini di laman resmi BMKG, Minggu.

Kendati Jakarta Barat, Selatan dan Jakarta Timur diprediksi akan diguyur hujan berangin kencang, namun tiga wilayah itu diprediksi cerah pada Minggu pagi.

Sedangkan wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan cerah sepanjang hari, dan Jakarta Pusat akan cerah sampai siang kemudian diprakirakan hujan ringan pada malam hari,

Selain itu, daerah penopang DKI Jakarta antara lain Bekasi dan Depok akan cerah berawan, sedangkan Tangerang dan Kota Bogor berpeluang diguyur hujan berintensitas ringan pada malam hari.

Di laman BMKG, suhu udara di Jakarta berkisar antara 24 sampai 32 derajat Celcius, dengan kelembaban udara 60 sampai 90 persen. Sedangkan Bogor mencapai 21-32 derajat celcius, Tangerang suhunya 23-34 derajat celcius, dan Depok suhunya 22-33 derajaat celcius.

Masyarakat Jakarta, Bogor dan Tangerang diimbau agar menyediakan payung ataupun jas hujan saat bepergian ke luar rumah.

Selain itu, masyarakat Jabodetabek lainnya juga harus melakukan antisipasi hal ini dikarenakan kondisi cuaca sewaktu-waktu dapat berubah.

Untuk itu BMKG tetap menghimbau terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh.

BMKG menghimbau masyarakat untuk mulai meningkatkan kewaspadaan, terutama daerah-daerah yang menjadi langganan genangan air hujan atau banjir.