Turunkan berat tubuh yaitu hal yang susah diraih beberapa orang. Olahraga terkadang tidak cukup jika tidak disertai dengan penyusunan alur makan yang benar.

Nah supaya berat tubuh turun lebih cepat, sebaiknya Anda lakukan usaha tersebut sebelumnya olahraga. Menurut temuan peneliti dari University Sao Paulo di Brazil, konsumsi kopi sebelumnya olahraga bisa memudahkan otot membakar lemak badan yang pada gilirannya buat berat tubuh turun lebih cepat.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology ini, merekomendasikan Anda konsumsi empat cangkir kopi satu jam sebelumnya olahraga. Empat cangkir kopi itu setara dengan 400 mg cafein.

" Mengkonsumsi cafein memanglah dapat dibuktikan bisa tingkatkan kemampuan, " tutur Dr. Bruno Gualano, penulis studi di University Sao Paulo di Brasil.

Untuk memperoleh temuan ini, peneliti di Brazil merekrut 40 pesepeda lelaki muda serta bugar yang di tanyai tentang rutinitas mereka konsumsi kopi, teh, cola, red bull serta minuman berkafein yang lain sehari-hari.

Berdasar pada konsumsi cafein, mereka dibagi jadi tiga grup yaitu grup rendah cafein, dengan mengkonsumsi rata-rata satu gelas minuman berkafein dalam satu hari, grup cafein moderat, yang konsumsi sampai dua gelas kopi satu hari, serta grup cafein yang meminum sekitaran tiga cangkir kopi atau minuman berkafein yang lain dalam satu hari.

Beberapa responden juga disuruh datang ke laboratorium tiga kali untuk merampungkan percobaan atletis yang bisa membakar 450 kalori sepanjang 30 menit. Rata-rata mereka yang konsumsi minuman berkafein seperti kopi sebelumnya lakukan percobaan, 3. 3 % lebih cepat dibanding mereka yg tidak.

Peneliti yakini, kopi bisa menolong membakar lemak dengan memobilisasi jaringan lemak. Cafein merangsang system saraf yang lalu kirim tanda pada sel lemak untuk menghancurkannya.

Tetapi, Gualano serta rekan-rekannya memperingatkan kalau dampak cafein dalam turunkan berat tubuh cuma tampak pada lelaki muda yang sehat serta bugar. Serta belum di ketahui apakah dampak ini berlaku pada kaum wanita.