BREAKINGNEWS.CO.ID – Pelatih kepala Timnas Indonesia, Bima Sakti, menuturkan tetap akan bertanggung jawab atas performa Timnas Indonesia usai kalah 0-1 dari Timnas Singapura di laga perdana babak penyisihan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Jumat (9/11/2018). Meskipun posisi pelatih Timnas Indonesia bukan keinginan pria berusia 42 tahun tersebut.

Bima Sakti menjadi pelatih Tim Merah Putih di Piala AFF 2018 karena ditunjuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggantikan Luis Milla akibat tidak berhasilnya rencana perpanjangan kontrak pelatih asal Spanyol itu. Awalnya performa Timnas Indonesia di tangan Bima Sakti dalam tiga pertandingan uji coba cukup menjanjikan, dua kali menang serta sekali imbang. Sayang penampilan itu tidak terulang kembali di pertandingan pertama Grup B saat melawan Singapura. Kritik pun muncul dari banyak pihak atas performa Timnas Indonesia yang kurang maksimal itu, mulai dari penonton di Stadion Nasional hingga netizen di dunia maya.

Permainan Timnas Indonesia cenderung monoton dan tidak berkembang. Permainan sayap yang selama ini menjadi andalan skuad Garuda bisa dibaca The Lions dengan sangat baik. Hingga pada akhirnya Singapura keluar menjadi pemenang dalam pertandingan itu berkat gol tunggal yang dicetak Hariss Harun pada menit ke-37. Penderitaan Timnas Indonesia semakin bertambah dikarenakan bek kanan I Putu Gede Juni Antara mendapatkan kartu merah sebelum pertandingan berakhir.

"Mungkin ada masalah emosional yang jadi tanggung jawab saya. Saya tidak pernah meminta posisi ini [pelatih kepala], saya ditunjuk. Saya akan tanggung jawab," ujar Bima Sakti. Bima Sakti juga mengakui bahwa pertandingan pertama tidak akan pernah mudah dilakoni karena penuh tekanan. Akan tetapi mantan pemain Persiba Balikpapan itu tidak ingin menjadikan hal tersebut sebagai alasan kekalahan Timnas Indonesia.

"Untuk partai pertama dalam karier saya, beban ada, tetapi nothing to lose. Saya percaya dengan pemain," ucap Bima. Kekalahan dari Singapura membuat Timnas Indonesia menempati peringkat keempat klasemen Grup B. Pertandingan berikutnya untuk skuad Garuda menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11) mendatang.