SEOUL - Busan International Film Festival yang ke-22 secara resmi dibuka pada Kamis (12/10/2017) malam di Busan Cinema Center, Korsel. Suasana ajang tersebut pun jauh lebih menyenangkan meski terjadi gejolak politik dan pemboikotan para pembuat film Korea yang membayangi acara tersebut.

Kendari diterpa gerimis dan hembusan angin lumayan kencang penonton terus berdatangan dan memadati area panggung tempat di mana upacara pembukaan festival tersebut berlangsung.

Tak hanya di area panggung, di karpet merah para selebriti dihadiri oleh aktor Korea terkemuka, seperti Son Ye-jin, Cho Jin-woong, dan Moon So-ri.

Selain para aktor, penyanyi dari band K-Pop, Lee Min-ho dan aktris Yoo In young. Aktris Moon Geun-young juga hadir bersama sutradara Shin Su-won yang memimpin film pembuka "Glass Gardenn" tahun ini.

"Busan adalah kota asalku. Saya memulai karir saya sebagai aktris (di BIFF) saat berperan di Peppermint Candy," ujar Moon So-ri yang tahun ini menjadi pemeran di The Running Actress seperti dikutip Koreaherald.

Ketua BIFF, Kim Dong-ho dan Direktur Ekskutif Kang Soo-youn yang bulan lalu mengumumkan bahwa mereka akan mengundurkan diri dari jabatannya secara pribadi menyapa setiap tamu di red karpet.

"Kami tidak bisa memprediksi bagaimana situasi kita akan berubah, tapi pemilik BIFF harus menjadi penonton, tidak peduli situasi politik, sosial, ekonomi, dan apapun yang kita hadapi," ujar Kang.

Acara upacara pembukaan tersebut pun dipandu oleh aktor Jang Dong-gun dan penyanyi sekaligus aktris Im Yoona.

BREAKINGNEWS.CO.ID