JAKARTA – Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) memantau potensi datangnya gelombang tsunami  di  dekat Caledonia Baru.  Hal itu dilakukan setelah wilayah milik Prancis tersebut diterjang gempa berkekuatan 7.3 skala richter (SR) pada Senin (20/11/2017) pagi.

Laporan awal menuturkan, gempa 7.0 SR berlangsung di wilayah  berjarak 82 km timur laut Tadine, di Pulau Mare, yang berpenduduk lebih dari 5.600 orang.

Akan tetapi, data tersebut sudah direvisi oleh Suvei Geologi Amerika Serikat (USGS), di mana pusat gempa berada di wilayah 68 km dari Tadine dengan kedalaman 25 km. Kekuatan gempa, menurut laporan Reuters, juga direvisi jadi 7.3 SR.

“Gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 km dari pusat gempa,” bunyi peringatan PTWC. Badan ini juga memperingatkan bahwa Kepulauan Loyalty dengan populasi lebih dari 17.000 orang berada dalam jangkauan.

PTWC selanjutnya mengeluarkan pesan yang menyampaikan kalau gelombang tsunami “telah dipantau”.

Beberapa menit setelah gempa awal, muncul gempa susulan berkekuatan 5.1 SR. Lokasi gempa susulan berada di wilayah yang berjarak sekitar 14 km dari pantai setempat dengan kedalaman yang sama.