BREAKINGNEWS.CO.ID - Salah satu organasisai yang peduli pada pembinaan sepakbola usia dini dan usia muda, Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) kembali mendapatkan undangan kehormatan untuk berpartisipasi dalam turnamen sepakbola usia muda internasional berlabel Soong Ching Ling Cup di Cina. Turnamen Soong Ching Ling 2019 akan digelar di Kota Hangzhou, Cina mulai 2 hingga 8 Agustus 2019 mendatang. Sebanyak 11 negara termasuk Tim SBAI U-12 sudah mengkonfirmasi untuk ambil bagian dalam turnamen bergengsi ini.

Tidak hanya berkompetisi di lapangan, tim-tim peserta Soong Ching Ling juga akan mengikuti kunjungan budaya ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Hangzou, Cina. Bagi SBAI sendiri, keikutsertaan dalam Soong Ching Ling 2019 adalah partisipasi yang keempat kalinya secara berturut-turut sejak 2016.

Guna memaksimalkan persiapan menghadapi turnamen, sejak 26 Juli lalu skuat Tim SBAI U-12 di bawah asuhan pelatih berpengalaman Rusman telah menjalani pemusatan latihan/training centre (TC) di Lapangan Sepakbola Puspitek Serpong. TC akan berlangsung hingga 30 Juli 2019 mendatang. Selain digembleng latihan teknik, fisik dan taktik, Tim SBAI U-12 yang diperkuat sebanyak 13 pemain terbaik juga akan menjalani serangkaian laga uji coba.

"Dalam TC kali ini anak-anak latihan dua kali dalam sehari. Yaitu sesi pagi dan sesi sore hari. Untuk latihan sesi sore hari, sengaja kita laksanakan mulai pukul 2 siang. Tujuannya untuk menyesuaikan dengan kondisi cuaca di Hangzou yang panas pada saat berlangsungnya turnamen," papar Rusman saat ditemui usia memimpin latihan Tim SBAI U-12 di Lapangan Puspitek, Senin (29/7/2019).

"Perkembangan tim sangat baik. Sesama pemain sudah saling kenal, tinggal meng-klop-kan saat bermain," tambahnya.

Rusman mengakui mayoritas skuatnya belum memiliki pengalaman bertanding di kancah sepakbola internasional. Untuk mengatasi kemungkinan para pemainnya mengalami nervous atau kendala mental lainnya, Rusman intens memberikan motivasi dan penjelasan tentang kondisi yang akan dihadapi skuatnya.

Meski mayoritas pemainnya baru pertama kali mengikuti turnamen internasional, namun Rusman cukup optimis skuatnya dapat berbicara banyak di Cina nanti. Rusman yakin Tim SBAI U-12 dapat memenuhi target menembus kategori gold (emas) pada Soong Ching Ling 2019. Target ini lebih tinggi dari pencapaian Tim SBAI U-12 pada Soong Ching Ling 2018 lalu. Ketika itu, Tim SBAI U-12 meraih peringkat tiga kategori plate.

"Sistem peringkat di turnamen Soong Ching Ling terbagi dalam dua kategori yaitu kategori gold dan plate. Tim-tim terbaik yang mencatat hasil gemilang di penyisihan otomatis masuk kategori gold. Sedangkan tim-tim yang gagal meraih hasil terbaik di penyisihan masuk kategori plate. Pada Soong Ching Ling 2018 kita berhasil meraih peringkat tiga plat. Harapannya tahun ini bisa menembus kategori gold," tutur pelatih yang beberapa kali berhasil membawa Tim SBAI menjadi juara di turnamen internasional ini. Antara lain, juara di Spanyol dan Borneo Cup di Kinabalu, Malaysia.

"Kalau berkaca dari persaingan di turnamen tahun lalu. Rival terberat kita tuan rumah Tiongkok dan Thailand. Persiapan mereka bagus.

Dilepas Kemenpora

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum SBAI, Dani Septia Iskandar mengatakan pengiriman tim SBAI U-12 ke turnamen internasional Soong Ching Ling 2019 adalah wujud nyata dari komitmen SBAI untuk meningkatkan kualitas pembinaan sepakbola usia dini dan usia muda di Indonesia.

"Merasakan atmosfir kompetisi di pentas sepakbola internasional sangatlah penting bagi talenta-talenta sepakbola usia muda kita. Mental mereka akan tertempa dan pengalaman bertandingnya akan semakin baik. Karena itu, selain intens melakukan pembinaan dalam skala nasional, SBAI juga rutin mengirimkan tim mengikuti turnamen sepakbola internasional," ujar pria yang akrab disapa Dani Ciko ini.

"Kami tidak mematok target yang muluk-muluk menjadi juara kepada Tim SBAI U12 pada Soong Ching Ling 2019. Kita harapkan mereka dapat bermain dengan baik dan meraih hasil terbaik," imbuhnya.

Dani menjelaskan Tim SBAI U-12 ke Soong Ching Ling akan bertolak menuju Tiongkok dari Bandara Soekarno-Hattta Banten pada 31 Juli malam. Satu hari sebelum keberangkatan, rencananya Tim SBAI U-12 akan dilepas secara resmi oleh Menpora, Imam Nahrawi yang diwakili Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta di Kantor Kemenpora Jakarta pada Selasa (30/7) mendatang.

Berikut daftar nama pemain Tim SBAI U-12 ke Soong Ching Ling 2019:

I Gede Awan Okan Korjana (penjaga gawang), Fandi Akhmad Andriyono (bek), Mochammad Aby Syahputra (bek), Suryanata Damara (gelandang), I Kadek Riksa Mahendra Kusuma (penyerang), Nadil Ulum Annafis (stopper), Jabbar Jidane Jauhari (sayap), I Putu Devasya Wikantara Saputra (penyerang), Airlangga Putra Agustian (bek), Muhamad Ilham Samal (gelandang), Muhamad Aksa Hamzah Hentihu (sayap), Raditya Rahman (penyerang) dan Hamam Ardell Pratama (stopper).