BREAKINGNEWS.CO.ID - Duka yang dialami Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah masih dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, gempa disertai tsunami pada 28 September lalu tercatat menewaskan 2.010 korban jiwa. Pada hari ini, Jum'at (12/10/2018). Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ), Wapres Jusuf Kalla dan rombongan berangkat dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta, pukul 07.00 WIB.

Wapres Jusuf Kalla tiba di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulawesi Tengah, Jusuf Kalla bertemu dengan Sekertaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonic Guterres.

Usai santap siang bersama, Wapres JK bersama Sekretaris Jenderal PBB didampingi oleh Gubernur Sulawesi Tengah dan rombongan menuju Perumnas Balaroa di Kecamatan Palu Barat. Rencananya, keduanya akan meninjau beberapa tempat di Palu pascabencana gempa bumi dan tsunami.

Selanjutnya, Wakil Presiden dijadwalkan meninjau Jembatan Kuning, Pantai Talise, Kecamatan Palu Timur, dan Posko IDP. Wakil Presiden dan Sekretaris Jenderal PBB sesudahnya akan menuju ke Bandara Palu.

"Usai santap siang bersama, Wapres JK bersama Sekjen PBB didampingi oleh Gubernur Sulawesi Tengah dan rombongan menuju Perumnas Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu untuk melakukan peninjauan," seperti dikutip dari siaran pers di Jakarta.

Usai meninjau Perumnas Balaroa yang tertimbun tanah akibat likuefaksi, Wapres dan Sekjen PBB dijadwalkan meninjau Jembatan Kuning, Pantai Talise, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Selanjutnya, Wapres Jusuf Kalla bersama Sekjen PBB akan bertolak menuju Denpasar, Bali. Wapres dipastikan akan mengantar Guterres ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu.

Pada hari yang sama, Wapres beserta rombongan akan menuju Provinsi Sumatera Utara untuk menghadiri Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional ke-27 tahun 2018 di Medan.

Selain itu, Wapres Jusuf Kalla bersama Sekretaris Jenderal PBB didampingi oleh Gubernur Sulawesi Tengah dan rombongan akan menuju kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Di kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Sekjen PBB akan melakukan koordinasi internal, sementara Wakil Presiden salat Jumat di Masjid Almujahidin di dalam komplek kantor Gubernur.