BOYOLALI—Bagi traveller penggemar wisata sejarah,  kota Boyolali pantas menjadi salah satu tujuan yang perlu masuk daftar utama yang harus dikunjungi. Selain terkenal sebagai produsen susu sapi perah, kota ini juga menyimpan banyak situs, makan yang menjadi  warisan sejarah keluarga Kesultanan Surakarta Hadiningrat.

Sebut saja makam Raden. Ngabehi. Yosodipuro, Pesanggrahan Pracimoharjo, makam Ki Ageng Pantaran, makam Prabu Handayaningrat, makam Ki Ageng Kebo Kenanga, Petilasan Kebo Kanigara dan makam Ki Ageng Singaprana.. Semua nama dan petilasan  ini berkaitan langsung dengan Kesunanan Solo. Atau lebih jauh merupakan  bagian langsung dari keberadaan Kerajaan Mataram Islam.

Menilik keberadaan banyak situs tersebut, rasanya sangat wajar, karena jarak antara Boyolali dengan Surakarta hanya sejauh 26 km. Jadi kalau mau sedikit mereview secara kesejarahan,  wilayah pasti menjadi  kawasan favorit liburan dan istirahat  keluarga istana. Ini juga didukung oleh keberadaan sejumlah mata air di beberap kawasan seperti Umbul Sungsang yang terletak di lereng gunung Merbabu,

Atau Umbul Pengging yang terletak di Banyudono, sebuah kawasan wisata air yang  dulunya merupakan tempat mandi keluarga Kasunanan Surakarta.  Sampai saati ini  bangunan-bangunan bersejarah  milik Kasunanan Surakarta yang juga  makam pujangga Keraton Surakarta yaitu Raden Ngabehi Yosodipuro masih dapat ditemukan.

Kalau mau ke zaman yang lebih jauh, maka  Candi Lawang bisa menjadi wakilnya. Disebut candi lawan karena  bentuk  pintunya sangat mencolok. Karena Lawang dalam bahasa jawa berarti pintu.

Candi Lawang adalah candi Hindu yang  dibangun pada abab 9. Keunikan utama selain pintunya yang dominan serta menghadap barat, adanya bilik utama  tanpa situs Lingga dan hanya ada ada  Yoni yang  melambangkan kesuburan.  Mirip dengan yang di Candi Merak. Di sekeliling candi tidak ditemukan arca maupun  relief. Yang ada hanya batu berornamen. Sekitar candi tersebar bebatuan yang belum disusun.  

Namun tak seperti petilasan dan makam lain, butuh perjuangan untuk bisa mencapai  candi yang terletak  di Dusun Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.  Rute yang paling singkat adalah Jogja-Klaten-Boyolali dan masuk dari kecamatan  Kec. Cepogo.