BREAKINGNEWS.CO.ID – Saat ini, dunia eSport sepertinya sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Dengan pertumbuhannya yang semakin pesat, setiap turnamen yang ada pun diganjar dengan hadiah besar yang mampu mengalahkan kompetisi olahraga seperti NBA Championship dan bahkan FIFA Confederations Cup.

Menurut penjelasan dari Nimo TV, kompetisi eSport terpopuler The International mampu menawarkan hadiah total senilai USD25 juta di 2018, hal itu setara dengan Rp364 miliar. Cukup mencengangkan bukan?

Sementara NBA Championship hanya menawarkan hadiah total senilai USD13 juta (Rp189 miliar) dan FIFA Confederation Cup di angka USD20 juta (Rp291 miliar). Hal tersebut jelas tidak terlepas dari pertumbuhan eSport yang diprediksi akan semakin besar ke depannya.

Dengan masuknya kompetisi esport sebagai cabang kompetisi di pertandingan olahraga internasional juga memperkuat pertumbuhan eSport. Mulai dari sekadar turnamen eksibisi di Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta-Palembang kemarin, kini bisa dipastikan jika eSport akan menjadi salah satu cabang di SEA Games 2019 serta Asian Games 2022.

Menurut data riset dari Statista, pendapatan di sektor esport telah berkembang hingga mencapai empat kali lipat dibandingkan sejak tahun 2012. Pada tahun 2017 pendapatan sektor ini mampu mencapai USD493 juta atau senilai Rp6,3 triliun.

Dengan semakin banyak penggemar esport, layanan seperti live streaming khusus di segmen game dan esport juga turut populer karena mampu menyajikan akses untuk menyaksikan kompetisi kelas dunia.

"Kami melihat minat penonton Nimo TV untuk menyaksikan live streaming turnamen setingkat Asia Tenggara dan nasional membuktikan betapa pesatnya pertumbuhan industri esport di Indonesia," papar Kevin Raharja selaku Head of Marketing Nimo TV Indonesia.

"Di Indonesia, kami melihat pertumbuhan pasar live streaming akan semakin meningkat memasuki tahun 2019. Selain karena pertumbuhan pesat komunitas esport di beberapa daerah di Indonesia seperti di Kalimantan dan Sulawesi. Banyaknya penyelenggaraan turnamen esport sepanjang tahun 2018 juga memberikan kontribusi besar atas pertumbuhan tersebut," pungkasnya.