BREAKINGNEWS.CO.ID - Sepeda Nusantara etape ke-28 yang berlangsung di Banjar Martapura, Kalimantan Selatan, melangsungkan start dari Alun-Alun Ratu Jaleha, Minggu (23/9/2018). Kegiatan dari salahsatu program unggulan Kemenpora di bawah payung "Ayo Olahraga" itu dilepas oleh Bupati Banjar H Khalilulrahman.

Perhelatan yang mengambil tema Bangun Indonesia tersebut dibagi menjadi dua kategori berdasarkan jarak tempuh. Pertama, rute panjang sejauh 20 km. Kedua, rute pendek 5 km yang banyak diikuti peserta perempuan dan anak-anak.

"Kegiatan ini merupakan momen tepat, terlebih beberapa waktu lalu Indonesia baru memperingati Haornas (Hari Olahraga Nasional)," kata Khalilulrahman dalam sambutannya.

Pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 ini diharapkan dapat lebih mengelorakan semangat berolahraga di seluruh Tanah Air, khususnya di Kalimantan Selatan.

Gayung pun bersambut. Khalilulrahman mengatakan Sepeda Nusantara berhasil menggelorakan semangat berolahraga di Kab Banjar. Tak sekadar dilihat dari peningkatan peserta, klub-klub bersepeda di Kalimantan Selatan Kian menjamur.

"Sasarannya adalah agar masyarakat kami gemar berolahraga sepeda. Selain olahraga, sepeda juga merupakan alat transportasi yang menyehatkan, ramah lingkungan karena tidak ada polusi, serta murah meriah."

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora Sanusi gembira dengan antusias peserta Sepeda Nusantara di Kab Banjar. Ia berharap, Kemenpora dapat menambah etape lebih banyak lagi pada tahun depan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program pembudayaan olahraga. Tujuannya, pemerintah melalui Kemenpora ingin menggalakkan olahraga di tengah masyarakat dan membuat rakyat Indonesia bugar serta sehat," ujar Sanusi.

Ia menambahkan, kecintaan terhadap dunia olahraga perlu ditanamkan sejak dini. Dengan begitu, harapnya, bibit-bibit muda bisa bermunculan.

Etape pertama Sepeda Nusantara 2018 dimulai di Kantor Kemenpora pada 13 Mei. Rangkaian kegiatan ini berakhir pada November, tepatnya saat peringatan Hari Sepeda Nasional pada 19 November.