BREAKINGNEWS.CO.ID - Jelang debat pertama Pilpres 2019, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin juga mengaku siap. Adapun hal tersebut disampaikan oleh Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq dalam sambungan teleponnya di sebuah diskusi yang mengusung tema 'Jelang Debat Siapa Hebat' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, Maman juga mengatakan jika pihaknya juga tidak memiliki persiapan khusus jelang debat yang akan berlangsung pada 17 Januari 2019 mendatang. "Ya pada intinya kami juga sudah siap dalam menghadapi debat kali ini. Kami juga tidak memiliki persiapan apapun. Hanya saja kami memperkuat kembali fungsi dari debat tersebut untuk edukasi politik," kata Maman, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Maman, pihaknya menyiapkan bagaimana debat tersebut berjalan baik ditengah-tengah masyarakat. Selain itu, kami juga sangat siap sekali dalam debat ini, karena kami memiliki sejumlah pengalaman dan program yang jelas.

"Tidak seperti paslon nomor urut 02, mereka pasti tidak memiliki program dan pengalaman yang jelas," ucapnya. "Nah, misalnya saja pada masalah hukum. Pasangan nomor urut 01 ada penegakan hukum yang bermartabat dan terpercaya. Dan ini sebenarnya sudah dibuktikan bahwa hukum di era Jokowi saat ini dijadikan sebagai instrumen untuk menegakkan keadilan bukan untuk kepentingan kekuasaan. Jadi kami tidak mengintervensi hukum," sambungnya.

Selain itu, lanjut Maman, pihaknya juga memiliki pencegahan korupsi. Hal itu dibuktikan dalam Perpres nomor 43 tahun 2018. Jadi, tak hanya mencegah korupsi personal namun juga mencegah korupsi yang dilakukan oleh koorporasi.

"Jadi, ini sudah menjadi bekal bagi kami untuk dapat memenangkan debat pertama ini. Jokowi tidak punya masa lalu yang berkaitan dengan pelanggaran HAM berat. Jokowi juga tidak memiliki keterkaitan dengan apapun sepertinya halnya pada korupsi," ungkapnya.

"Sehingga, kami dengan mudah menjadikan debat kali ini sebagai sebuah kolaborasi penting yang implementatif bahwa Jokowi-Ma'ruf akan membawa Indonesia kepada negara yang lebih maju," imbuh Maman.

Untuk itu, Maman kembali menegaskan jika pihaknya memiliki banyak pengalaman dan gagasan. Sehingga konsep yang akan dibawa dalam debat nantinya adalah konsep yang produktif dengan konsep yang berbasis pengalaman dan konsep yang berbasis yang jelas.

Seperti diberitakan sebelumnya, debat pertama Pilpres 2019 kali ini berlangsung pada 17 Januari 2019. Debat tersebut juga mengusung tema, Hukum, Ham, Korupsi dan Terorisme.