BREAKINGNEWS.CO.ID – Pencipta tokoh karakter animasi Spongebob SquarePants, Stephen Hillenburg, meninggal dunia. Dia meninggal diketahui menderita penyakit saraf Amyotrophic lateral sclerosis atau lebih dikenal dengan singkatan ALS. Tidak banyak yang tahu kalau ciri-ciri ikonik itu diciptakan oleh seorang guru Biologi. Karena Spongebob, dia juga mendapatkan pundi-pundi uang.

Pria bernama lengkap Stephen McDannell Hillenburg ini lahir di Lawton, Oklahoma pada Agustus 21 Agustus 1961 silam. Stephen Hillenburg, yang saat ini berusia 57 tahun merupakan Seorang Direktur, Animator, Penulis, Produser, Dubbers serta Ahli biologi kelautan. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (28/11/2018), Hillenburg punya kekayaan hingga 120 juta dolar AS atau sekitar 1,74 triliun rupiah (Kurs: 14.525 rupiah/dolar AS). Kekayaan itu diyakini sebagian besar berasal dari serial kartun ciptaannya.

Tidak hanya jadi animator, Hillenburg juga merupakan guru biologi. Berawal dari mengajar di Orange County Marine Institute di California, dia membuat komik yang berhubungan dengan laut untuk murid-muridnya yang disebut The Intertidal Spongebob. Inilah awal mula terciptanya ciri-ciri animasi Spongebob. Spongebob kemudian terus berkembang dan dikenal di seluruh dunia. Spongebob mulai ditayangkan pada tahun 1999 silam dan hingga pada saat ini kartun tersebut sudah menayangkan lebih dari 240 Episode di 12 musim.

Penghargaan pun di raihnya dengan memenangkan 2 Emmy, memenangkan 6 Emms, memenangkan 17 Annie Awards. Pada 2009, waralaba Spongebob menghasilkan 8 Miliar dolar AS atau sekitar 116,2 triliun rupiah per tahun. The SpongeBob SquarePants Movie dirilis pada 19 November 2004 dan menghasilkan lebih dari 140 juta dolar AS atau sekitar 2,04 triliun rupiah di box office di seluruh dunia, menurut Box Office Mojo. Hillenburg merupakan sutradara film tersebut. Film ke-2, The SpongeBob Movie: Sponge out of water, mendapatkan lebih dari 325 juta dolar AS atau sekitar 4,72 triliun rupiah di seluruh dunia, menurut situs web. Hillenburg bekerja sebagai co-writer serta produser eksekutif.