BREAKINGNEWS.CO.ID - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut Provinsi Jawa Tengah lebih besar dari negara Malaysia. Hal itu ia ungkapkan ketika menyinggung gaji pemimpin-pemimpin daerah di Indonesia yang menurutnya masih rendah dalam debat perdana pilpres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Ketua Umum Partai Gerindra itu mencontohkan gubernur Jawa Tengah yang disebut wilayahnya lebih luas dari Malaysia, namun mendapatkan gaji sebesar Rp8 juta. "Menurut kami perlu ada langkah-langkah lebih konkret. Contoh bagaimana bisa gaji gubernur hanya Rp8 juta. Kemudian mengelola privionsi Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD lebih kecil. Ini tidak realistis," kata Prabowo.


Lalu, benarkah Provinsi Jateng lebih besar dari Malaysia?. Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik(BPS) 2015-2017, luas Jawa Tengah adalah 32.544,12 km persegi. Provinsi Jawa Tengah sendiri terdiri dari 29 Kabupaten dan 6 Kota.

Sementara itu luas negara Malaysia mengutip website Badan Statistik Malaysia, hingga tahun 2016 luasan negara Malaysia adalah 330.345 km persegi. Artinya, luasan Malaysia hampir 10 kali luasan Jawa Tengah.

Di sisi lain, pernyataan Prabowo itu muncul saat dirinya ditanya bagaimana mengatasi soal korupsi dan biaya politik yang mahal. Dalam jawabannya, jika dia terpilih menjadi presiden, akan melakukan rekrutmen pejabat-pejabat daerah, hingga menteri dengan transparan dan sederhana. Selain itu juga memberikan gaji pejabat-pejabat dengan layak sehingga merasa cukup dan tidak tergoda untuk melakukan tindakn korupsi," ucap Prabowo.

Sementara itu, untuk biaya politik yang mahal, Prabowo bakal melakukan penyerderhaan sistem kepartaian. Contohnya, menurunkan biaya kampanye. "Melakukan kampanye di dunia maya melalui media sosial. Jadi, tak boleh bayar baanyak untuk muncul di televisi demikan juga dengan baliho. Sehingga pejabat-pejabata tidak terbenani oleh biaya pemliu," papar Prabowo.