BREAKINGNEWS.CO.ID - Di usia produktif memang merupakan saat yang tepat untuk bekerja demi membangun pundi-pundi harta dan juga aset. Namun ada beberapa hal yang mungkin terkadang sedikit dilupakan yakni menyisihkan uang untuk keperluan asuransi. Padahal tanpa disadari, asuransi sangatlah penting untuk menjalani kehidupan di masa depan karena semuanya akan terproteksi dengan baik, mulai dari asuransi jiwa hingga pendidikan.

Tak banyak disadari, sebagian orang yang terlalu memforsir dirinya di usia produktif dalam bekerja membuatnya terserang banyak sekali penyakit di hari tuanya. Karena tidak menyiapkan dana khusus kesehatan, biaya perawatan pun dikeluarkan dari tabungan. Hal ini terkadang membuat harta akan semakin habis perihal kesehatan. Saat ini mungkin pemerintah sedang menggalakkan penggunaan dan bayar BPJS sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat akan pentingnya asuransi. Namun apa sebenarnya keuntungan pemakaian asuransi? Semuanya akan dibahas di artikel ini.

Mendisiplinkan Diri

Besarnya penghasilan yang diterima setiap bulan di usia produktif Anda cenderung membuat Anda jauh lebih konsumtif dan tidak dapat mengontrol keuangan. Guna menghindari hal ini, Anda dapat memulai berinvestasi dalam bentuk asuransi. Setelah Anda melakukan pendaftaran premi asuransi, Anda akan seperti mempunyai ‘kontrak’ pada diri Anda sendiri yang menggalakkan Anda untuk disiplin.

Ekstra Proteksi Pada Diri Sendiri dan Keluarga

Apakah Anda akan terus bergantung pada pendapatan aktif di masa produktif? Apabila kesehatan Anda terjamin, saat usia 55 Anda sudah harus pensiun dan bergantung pada pendapatan pasif. Salah satu cara untuk tetap menjaga diri sendiri dan keluarga ialah dengan memiliki asuransi yang menjamin biaya perawatan kesehatan dari mulai rawat inap, penyakit berat, hingga meninggal dunia. Dengan adanya asuransi, proteksi diri dan keluarga akan semakin besar impact-nya

Tidak Ada Lagi Masalah ‘Harta Habis’ Karena Sakit

Banyak orang beranggapan, menabung saja sudah cukup untuk menjamin kesehatan hingga hari tua. Namun yang sering terjadi adalah kekayaan terpaksa dihabiskan karena besarnya biaya perawatan di masa tua nanti.

Namun, tentu Anda tidak ingin hasil jerih payah puluhan tahun habis dalam waktu beberapa bulan saja karena penyakit bukan? Hal ini dapat dihindari bila Anda dan keluarga telah terproteksi oleh asuransi. Perlindungan kesehatan bagi seluruh keluarga tak hanya mampu memberi ketenangan, namun juga dapat meminimalisir risiko ‘kebangkrutan’ karena urusan medis. 

Bentuk Investasi Tak Kasat Mata

Pada umumnya ada paket asuransi yang sudah termasuk dengan investasi berupa reksadana atau saham. Beberapa perusahaan asuransi memiliki produk asuransi sekalian dengan investasi, baik berupa reksadana atau saham. Tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda menyisihkan uang Anda untuk berinvestasi. Satu hal yang harus jadi catatan Anda, investasi di asuransi akan menjaga nilai uang dari inflasi, tidak seperti menabung. Anda dapat mencari produk terbaik untuk menjamin kesehatan dan perlindungan terhadap kondisi penyakit, hingga usia 80 sehingga selain kesehatan Anda terjamin, Anda pun memiliki dana yang dapat dikembangkan sebagai dana pensiun Anda nantinya.